14/08/2020, 11:01 AM
Beranda Bali Karangasem Pelabuhan Benoa Terbakar, Gunung Erupsi Keluarkan Asap 2. 000 Meter

Pelabuhan Benoa Terbakar, Gunung Erupsi Keluarkan Asap 2. 000 Meter

Karangasem, balipuspanews.com -Ditengah sejumlah kapal mengalami kebakaran di  pelabuhan benoa, Gunung Agung kembali erupsi pada hari Senin (9/7).

“Erupsi G. Agung dengan tinggi kolom abu teramati ± 2.000 m di atas puncak (± 5.142 m di atas permukaan laut),” kata Dewa Merta, Kepala Pos Pantau Gunung Merapi Rendang, Karangasem.

Ia mengatakan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi ± 2 menit 42 detik.

Baca Juga: 

Kebakaran Kapal Ikan Lumpuhkan Pelabuhan Benoa  

Saat ini G. Agung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi :

(1) Masyarakat di sekitar G. Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru.

(2) Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. (Suar/bpn/tim)

 

 

Menghilang dari Rumah, Korban Ditemukan Meninggal di Aliran Sungai

GIANYAR, balipuspanews.com - Sempat hilang dari rumah, Ni Ketut Dani,49, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di aliran sungai Subak Sudimara, Lingkungan Sema, Kelurahan Bitera,...

Status Tersangka, Ribuan Orang Tanda-tangan Petisi Bebaskan Jerinx SID yang Ditahan di Polda Bali

DENPASAR, balipuspanews.com - Penahanan pengebuk drum Superman Is Dead Gede Ari Astina alias Jetinx SID di Polda Bali menggoncangkan dunia maya. Ribuan orang menandatangi...