Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

JAKARTA, balipuspanews.com – Pemimpin Redaksi Media Siber www.balipuspanews.com, I Putu Artayasa mendapat undangan dari Lembaga Pers Dr. Soetomo untuk mengikuti Pelatihan Training of Trainer (ToT) calon penguji Kompetensi Wartawan di Kantor Lembaga Pers Dr.Soetomo (LPDS), Gedung Dewan Pers, pada tanggal 12-13 Maret 2019.

“Latihan ini sebagai langkah untuk meningkatkan profesionalisme sebagai seorang wartawan, karena setiap profesi ada standarnya ada aturan mainnya, ” kata Putu Artayasa saat mengikuti Pelatihan Training of Trainer (ToT) di Jakarta, Rabu (13/3).

Ia berharap langkah ini bisa menumbuhkan standarisasi wartawan serta kesadaran akan arti penting Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Disisi lain, Ketua Lembaga Pers Dr. Soetomo, Hendrayana,SH.MH mengatakan, Dewan Pers telah menetapkan Standar Kompetensi Wartawan (SKW) menjadi salah satu baromater profesionalisme wartawan yang mencakup aspek kesadaran terhadap profesi, pengetahuan, keterampilan/keahlian dan sikap kerja yang relavan dalam pelaksanaan tugas kewartawanan.

LPDS pusat pendidikan dan pelatihan jurnalistik di Jakarta yang didirikan oleh Dewan Pers Juli 1980, merupakab lembaga uji pertama yang ditunjuk oleh Dewan Pers dalam Surat Keputusan Dewan Pees Nomor:12/SK-DP/V/201 tertanggal 6 Mei 2011, sesuai dengan Standar Kompetensi Wartawan melalui Peraturan Dewan Pers Nomor I/Peraturan-DP/II/2010, tertanggal 2 Februari 2010.

“Maka kami mengadakan pelatihan atau Training of Trainer (ToT) calon penguji Kompetensi Wartawan untuk jenjang karir wartawan utama yang keseharian bertugas mengevaluasi dan memodifikasi proses kegiatan penyedia pemberitaan, “kata Hendrayana.

Program pelatihan digelar selama dua hari 12-13 Maret 2019 di ruang seminar LPDS Gedung Dewan Pers lantai 3, jakan Kebon Sirih 34, Jakarta Pusat.

“Adapun kreteria peserta yakni wartawan utama dibuktikan fotocopy kartu dan sertifikat UKW, media tempat bekerja sudah terverifikasi di Dewan Pers dan melampirkab porto folio karya jurnalistik dalam tiga bulan terakhir,” jelasnya. (art/bpn/tim)

Advertisement
Loading...

Tinggalkan Komentar...