Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng, Made Subur.
sewa motor matic murah dibali

SINGARAJA, balipuspanews.com — Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buleleng secara marathon melakukan proses pelipatan surat siara pemilihan perbekel (Pilkel) serentak yang tinggal menyisakan beberapa pekan lagi.

Data dihimpun, Dinas PMD Buleleng akan mendistribusikan sebanyak 337.615 surat suara kepada 79 desa di sembilan (9) kecamatan  mengikuti Pilkel serentak 31 Oktober 2019 nanti.

Rencananya, surat suara dindistribusikan ke masing-masing desa paling lambat H-3 jelang pelaksaan Pilkel.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Buleleng, Made Subur menyebut, proses pelipatan surat suara ini melibatkan beberapa tenaga dari staf kantor (Dinas PMD) dan juga tenaga lainnya.

Sebelum dilipat, surat suara di chek terlebih dahulu untuk mengantisipasi kerusakan serta kesalahan cetak.

Kadis Subur tak menmpik memang terdapat surat suara yang mengalami kerusakan. Atas surat suara yang rusak itu, sudah dikembalikan ke pihak rekanan. Bahkan, DPMD Buleleng juga menyiapkan sebanyak 2 persen surat suara cadangan dari total surat suara keseluruhan.

“Kalau mengenai surat suara memang ada yang rusak seperti buram, kotor namun sudah kami bawa ke tempat cetak di Denpasar untuk diganti,” kata Kadis Subur.

Soal pendistribusian, Kadis Subur menyebut paling lambat akan dilakukan pada H-3 atau tiga hari sebelum pelaksanaan Pilkel serentak.

Meski begitu tidak menutup kemungkinan surat suara didistribusikan lebih cepat.

“Pelipatan surat suara paling lambat bisa selesai pada H-5 pelaksanaan Pilkel. Sehingga, bisa secepatnya dilakukan pendistibusian surat suara ke masing-masing desa yang menggelar Pilkel,” tutupnya.