Selasa, April 16, 2024
BerandaAdvertorialPemberdayaan Masyarakat dan Anak Usia Dini Harus Jadi Fokus Pembangunan di Desa

Pemberdayaan Masyarakat dan Anak Usia Dini Harus Jadi Fokus Pembangunan di Desa

Singaraja, balipuspanews.com — Selain pembangunan fisik berupa infrastruktur, saat ini pembangunan Indonesia menuju ke arah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

 

Pembangunan SDM ini juga harus dijadikan fokus pembangunan di desa. Pembangunan SDM tersebut adalah pemberdayaan masyarakat di desa dan juga perhatian kepada anak usia emas atauĀ golden age.

 

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG saat memberikan sambutan pada kegiatan penilaian KKG PKK KB Kesehatan tingkat Kabupaten Buleleng di Wantilan Pura Desa, Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Sabtu (3/11).

 

Wabup Sutjidra menjelaskan Indonesia akan memperoleh bonus demografi. Kesejahteraan masyarakat akan meningkat sehingga usia harapan hidup menjadi lebih panjang. Hal ini menjadi tugas bersama bagaimana memberdayakan masyarakat ataupun memanfaatkan bonus demografi ini. Jangan sampai bonus demografi ini menjadi suatu yang tidak bagus.

 

ā€œBagaimana cara kita memberdayakan ini. Seperti yang saya lihat di sini ada lansia umur 80 tahun yang sudah memiliki 15 cucu dan 10 cicit masih tetap semangat,ā€ jelasnya.

BACA :  Mengenal Produk Wine Asli Buleleng Yang Menyehatkan

 

Desa melalui perbekel harus memiliki kiat-kiat atau inovasi untuk pemberdayaan masyarakat ini. Bagaimana caranya dengan menggunakan Alokasi Dana Desa (ADD) mapun Dana Desa (DD). Hal tersebut dipandang sangat perlu mengingat Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan iniĀ Ā selain bertujuan untuk meningkatkan kesehatan juga untuk meningkatkan kesejahteraan melalui pemberdayaan masyarakat.

 

ā€œSebagai contoh, UKM Desa Panji yang sudah mulai menunjukkan perkembangan untuk diberdayakan lagi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,ā€ ungkapnya.

 

Sementara, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Buleleng, Ny. Ayu Wardhany Sutjidra dalam sambutannya mengatakan agar Ketua TP PKK Desa yang otomatis menjadi Bunda PAUD di desa termasuk perbekel untuk memberikan perhatian lebih kepada PAUD. PAUD menjadi sangat penting mengingat pada usia 0-6 tahun anak berada pada periode usia emas atauĀ golden age period. Pada periode ini anak mengalami pertumbuhan otak dan mental.

 

ā€œSaya berharap kepada Bunda PAUD dan dan perbekel untuk lebih memperhatikan PAUD di desa-desa,ā€ katanya.

 

Selain itu, anak pada usia emas, ibu hamil juga perlu diperhatikan. Ketika seorang ibu hamil, dirinya mengandung selama sembilan bulan. Pada usia itu pula, pertumbuhan anak harus diperhatikan. Pertumbuhan anak dalam kehamilan dipengaruhi oleh prilaku ibunya sendiri seperti memberikan gizi yang bagus kepada calon bayi.

BACA :  Terlibat Penyalahgunaan Narkoba, Peternak Ayam Diamankan

 

ā€œHal tersebut sangat diperlukan karena perlu diketahui Sembilan bulan tersebut berarti 90 tahun hidupnya akan terlihat.Ā Golden age periodĀ juga sangat dibantu dengan adanya PAUD dan ramah otak,ā€ pungkasnya.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular