Jumat, April 19, 2024
BerandaJembranaPembukaan PKB, Jembrana Tampilkan Puja Saji Peneduh Bumi

Pembukaan PKB, Jembrana Tampilkan Puja Saji Peneduh Bumi

JEMBRANA,balipuspanews.com- Pesta Kesenian Bali (PKB) kembali digelar tahun ini, setelah sempat vakum selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19. PKB tahun ini mengusung tema Danu Kerthi Huluning Amreta yang bermakna Memuliakan Air Sumber Kehidupan.

Saat pembukaan yang akan dilaksanakan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala Denpasar, Minggu (12/6/2022) dengan pelepasan peed aya (pawai).

Jembrana akan menampilkan fragmentari “Puja Saji Peneduh Bumi” dengan melibatkan peserta Pawai sebanyak 125 orang seniman.

Untuk melihat persiapan duta Jembrana itu, Kamis (9/6/2022) dilakukan gladi yang bertempat di Lapangan Nusa Sakti, Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba yang menyaksikan gladi itu juga memberikan masukan serta motivasi. Bupati minta peserta agar tetap semangat terutama ketika pentas nanti.

“Jangan sampai nanti kelihatan loyo, harus ekspresif dan semangat. Senyum dan penjiwaan karakter dari masing – masing peran juga harus diperhatikan,”ujarnya.

Selain itu, dengan penampilan para seniman Jembrana yang mayoritas dari desa Nusasari tersebut, juga berjanji akan mengikutsertakannya dalam HUT Kota Negara nanti.

BACA :  Guna Melestarikan Permainan Rakyat Sebagai Warisan Budaya leluhur, Disbud Badung Gelar Pekan Kebudayaan Daerah Jantra Tradisi Bali

“Penampilan kalian sukses menarik perhatian banyak masyarakat disini yang ikut menyaksikan. Nanti pada HUT Kota Negara kalian akan ikut serta,”imbuhnya.

Sementara, informasi dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jembrana, dalam pagelaran PKB tahun ini, selain pawai, Kontingen Jembrana juga ikut serta dalam Gong Kebyar Anak, Gong Kebyar Dewasa, Gong Kebyar Wanita, Jegog Mebarung dan Bumbung Kepyak dalam 12 Juni hingga 10 Juli.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular