Pemda Diminta Segera Respon Rencana Uji Coba Pembukaan 20 Destinasi Wisata di Pulau Jawa-Bali

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). (Foto: MPR RI)
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). (Foto: MPR RI)

JAKARTA, balipuspanews.com– Pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan 20 tempat wisata di wilayah yang masuk zona Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 untuk Pulau Jawa dan Bali pada pekan ini.

Berkaitan dengan itu, Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah daerah segera merespon kebijakan pemerintah pusat dengan menyiapkan sarana dan prasarana yang disesuaikan dengan kondisi status PPKM level 3 tersebut.

“Guna mendukung pembukaan tempat-tempat wisata tersebut dan Pemda juga agar tetap memperhatikan tren penambahan kasus Covid-19 atau kurva kasus di masing-masing wilayah sebagai salah satu kajian dalam menentukan langkah pemerintah,” ucap bamsoet dalam keterangannya, Selasa (7/9/2021).

Kajian tersebut dalam rangka mengambil kebijakan operasional tempat wisata ke depannya. Selain itu, juga memutuskan bis atau tidaknya sehingga tidak memaksakan pembukaan tempat wisata didaerahnya apabila terjadi peningkatan kasus aktif Covid-19, atau masuk ke dalam status PPKM level 4.

Pemerintah daerah bersama Satgas Penanganan Covid-19 juga diminta meningkatkan kewaspadaan dengan mengawasi jalannya uji coba pembukaan tempat wisata agar tidak terjadi kerumunan. Juga mendorong dan mengarahkan pengelola tempat wisata untuk memiliki kesiapan dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat, juga implementasi platform PeduliLindungi.

“Meminta komitmen pemerintah daerah dan pengelola tempat wisata untuk terus memastikan prokes pencegahan Covid-19 di setiap destinasi wisata berjalan sesuai ketentuan atau standar aturan yang berlaku,” kata Bamsoet.

Dia mengingatkan capaian saat ini jangan sampai menimbulkan euforia di masyarakat, sebab kelengahan sekecil apapun akan berdampak pada peningkatan kasus Covid-19 di Tanah air.

“Diharapkan masyarakat untuk tidak lengah dalam menyikapi kebijakan dari pemerintah pusat tersebut, dan selalu disiplin prokes serta meminimalisir aktivitas diluar rumah apabila tidak ada hal penting yang mendesak,” kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini.

Penulis : Hardianto
Editor : Oka Suryawan