Minggu, Juli 21, 2024
BerandaKarangasemPemedek Membludak ke Pura Besakih, Sampah Sulit Dibersihkan Petugas

Pemedek Membludak ke Pura Besakih, Sampah Sulit Dibersihkan Petugas

RENDANG, Balipuspanews.com – Seiring membludaknya kedaatangan para pemedek ke Pura Agung Besakih, Rendang, Karangasem persoalan klasik sampah kembali menghantui keasrian lingkungan pura terbesar dibali ini.

Dibeberapa titik sudah jelas terpasang himbauan agar siapaun tidak membuang sampah pelastik disembarang tempat. Namun faktanya ketika media ini datang ke Pura Besakih hampir disemua sudut jalur masuk Pura terdapat sampah pelastik dan botol minuman berserakan.

Tidak hanya hinbauan berupa tulisan, himbauan lewat pengeras suara pun sudah berulang kali disuarakan agar para pemedek tidak membuang sampah disembarang tempat. Selain sampah yang berserakan, tong sampah yang berada di beberapa sudut areal Pura juga terlihat penuh berjubel berisi sampah.

Dijelaskan Humas Managemen Operasional Pura Beaakih, I Gusti Bagus Kariawan saat dikonfirmasi media ini mengenai penanganan sampah di Pura Besakih pada Selasa (02/04/2019) bahwa penyebab banyaknya sampah berserakan adalah selain belum semua pemedek sadar akan hal tersebut juga dikarenakan membludaknya pemedek hingga macet total, akibatnya petugas kebersihan tidak bisa bekerja dengan maksimal.

BACA :  Coklit Pilkada 2024 di Karangasem, Ribuan Data Pemilih Tidak Memenuhi Syarat

“Pemedek saja sangat sulit bergerak karena banyaknya pemedek apalagi armada kebersihan,” ujarnya.

Semua team kebersihan yang ada di Pura Besakih baik itu tim kebersihan dari MO, dari Pemkab mupun dari Provinsi serta pengayah juga mengalami kendala yang sama yaitu banyaknya pemedek menyebabkan proses pengangkutan sampah menjadi tidak bisa dilakukan. (suar/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular