Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaKarangasemPemedek Membludak, Lalin Macet, Gunung Agung Semburkan Asap 300 Meter

Pemedek Membludak, Lalin Macet, Gunung Agung Semburkan Asap 300 Meter

RENDANG, balipuspanews.com – Ditengah membludaknya pemedek atau umat melakukan persembahyangan  ke Pura Besakih dalam rangka Panca Wali Krama, suasana kemacetan terjadi di jalanan serta Gunung Agung semburkan asap setinggi 300 Meter.

“Gunung jelas hingga kabut,  asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dan tinggi 300 metwe di atas puncak kawah, ” kata penyusun laporan KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung Wahyu Ardi Setiawan, Minggu (31/3).

Kegempaan Tektonik Lokal dengan jumlah  1, amplitudo 1.5 mm, S-P : 9 detik, durasi  38 detik, sedangkan tektonik jauh jumlah  2, amplitudo 2-10 mm, S-P 11-24 detik, durasi 47-76 detik.

Tingkat Aktivitas G. Agung Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar G. Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak berada, tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak G. Agung. Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan G. Agung yang paling aktual/terbaru.

BACA :  Ikuti Prosesi Melasti Ida Bhatara Mandhara Giri Semeru, Wabup Artha Dipa Ajak Warga Jaga Kerukunan Beragama

Kedua masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.(art/rls/ bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular