Selasa, Maret 19, 2024
BerandaJembranaPemedek Padati Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi

Pemedek Padati Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi

NEGARA, balipuspanews.com- Karya Pujawali di Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi dipadati pemedek. Selain dari Jembrana, juga cukup banyak pemedek dari dari berbagai daerah yang bersembahyang di Pura Rambut Siwi.

Pengempon pura Dang Kahyangan Rambut Siwi I Gusti Made Sedana mengatakan dalam rangkaian Pujawali Pura Dangkhayangan Rambut Siwi ini, ida bathara nyejer selama lima hari dimulai Rabu (23/10) sampai Minggu (27/10).

Rangkaian pujawali Ida Betara di pura Dang Kahyangan Rambut Siwi dipuput oleh Ida Pedanda Tegehwanidari Griya Tegeh Wani Tibu Sambi Yehembang Kangin dengan tingkat upakara Bebangkit.

”Seperti sebelumnya pemedek yang tangkil untuk ngaturang bakti selalu ramai. Selain umat Hindu dari jembrana juga dari luar termasuk ada yang dari Lombok, dan Banyuwangi. Sebelumnya juga ada penganyar dari Kabupaten Tabanan. Dan untuk Besok juga ada penganyar dari 4 kabupaten yaitu Bangli, Gianyar, Karang Asem dan Buleleng, “ungkapnya.

Selama nyejer ini, pemedek bisa melaksanakan persembahyangan bersama di sembilan parahyangan yang ada di Rambut Siwi, dipimpin pemangku dari masing-masing Perahyangan.

BACA :  Selama Bulan Suci Ramadhan, Pengelola dan Cewek Kafe Diminta Jaga Ketertiban

Di Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi, terdapat sebanyak sembilan parahyangan dan persembahyangan diawali dari Pura Pesanggrahan yang terletak di sebelah Selatan pinggir jalan raya Denpasar-Gilimanuk wilayah Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo.

Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Ny Ari Sugianti Artha juga ikut bersembahnyang dengan pemedek Kamis sore ( 24/10). Selain melakukan persembahyangan Bupati Artha juga menyerahkan punia sebesar Rp. 20 juta yang diterima langsung oleh Pengempon Pura I Gusti Made Sedana.

Bupati Artha mengatakan melalui upacara karya di pura Dangkyahangan Rambut Siwi senantiasa diberikan keteduhan lahir dan batin.

“Melalui karya pujawali ini kita berharap Ida Hyang berstana di Pura Dangkyahangan Rambut Siwi memberikan tuntunan, keteduhan bagi umatnya termasuk alam yang bisa dibaca semua isinya senantiasa aman dan damai,“ucapnya.(nm/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular