Minggu, Oktober 25, 2020
Beranda Bali Klungkung Pemelastian Dipuput Tiga Sulinggih, Ratusan Ribu Umat Penuhi Klungkung

Pemelastian Dipuput Tiga Sulinggih, Ratusan Ribu Umat Penuhi Klungkung

SEMARAPURA,balipuspanews.com- Ratusan ribu umat mengikuti iring iringan Karya Agung Panca Wali Krama Lan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh dimana Ide Betare Luhur Pura Besakih menuju Pantai Segara Watu Klotok,KLungkung.

Masyarakat umat Hindu Se Bali tampak memenuhi seluruh ruas jalan dimana ujungnya sudah sampai di bencingah Pura Watu Klotok ekornya masih berada di kawasan Banjar Jelantik,Tojan,KLungkung.

Ritual pemelastian yang berlangsung sampai malam hari di Bencingah Pura Watu Klotok ini berlangsung lancar walaupun sempat kelimpungan tidak ada penerangan diarea upakara tersebut.

Saat bersamaan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta, Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra beserta OPD dilingkungan Kabupaten Klungkung melaksanakan persembahyangan Karya Melasti lan Tawur Labuh Gentuh bertempat di bencingah Pura Watu Klotok, pada Sabtu (2/3).

Karya Pemelastian dan Tawur Labuh Gentuh dipuput oleh tiga Sulinggih, yakni Ida Peranda Putra Tembau dari Gria Aan, Ida Pedanda Jelantik Duaja dari Gria Buda Keling, Rsi Dharma Kerthi dari Gria Angkling Gianyar.

Dalam Karya Melasti dan Tawur Labuh Gentuh, diisi dengan berbagai tari-tarian, diantaranya teri Rejang Dewa, Rejang Sutri, Baris Oncer Ganda, Rejang Giri Kesuma yang diiringi tabuh Selonding saking Besakih, Rejang Rentet, dan tari-tarian lainnya.

Dalam prosesi Karya ini Sebagai wujud bakti masyarakat Klungkung baik berkelompok maupun perorangan tampak ngaturang berbagai minuman dan buah-buahan disepanjang jalan yang dilalui untuk dipersembahkan kepada para pengiring.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyatakan semoga Karya Agung Panca Wali Krama Lan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan kerahayuan dan ketentraman bagi semua umat beragama.(Roni/bpn/tim)

- Advertisement -

Warga Temukan Orok di Parit Areal Jogging Track Sanur Kauh

SANUR, balipuspanews.com - Penemuan orok membusuk berlangsung di pinggir parit areal jongging track di Jalan Prapat Baris, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Jumat (23/10/2020) sekitar...

Tak Hiraukan Teguran, Pabrik Penyulingan Daun Cengkeh Akhirnya Ditutup Paksa

Sebuah tempat usaha penyulingan daun cengkeh yang berada di Desa Padangbulia, Kecamatan Sukasada ditutup paksa oleh tim Satpol PP Kabupaten Buleleng. Hal itu dilakukan sebab pemilik tempat tidak menghiaraukan teguran petugas, sehingga Pol PP lalu bertindak tegas menutup paksa usaha penyulingan daun cengkeh yang beroperasi dan dianggap menimbulkan polusi udara.
Member of