Rabu, April 17, 2024
BerandaBadungPemkab Badung Komit Ringankan Beban Masyarakat Dalam Pelestarian Seni, Adat dan Budaya

Pemkab Badung Komit Ringankan Beban Masyarakat Dalam Pelestarian Seni, Adat dan Budaya

BADUNG, balipuspanews.com – Kehadiran Pemerintah Kabupaten Badung saat Karya melaspas petapakan Ratu Mas Agung, Ratu Niang, Ratu Ibu dan Pratima Desa Adat Lambing sebagai bentuk perhatian serta memotivasi masyarakat agar senantiasa bersemangat melaksanakan kewajiban-kewajiban dan swadharma dalam mengajegkan seni, adat, agama dan budaya.

“Dengan dilaksanakannya karya melaspas petapakan sesuhunan ini, kita semua selalu diberikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan untuk semua umat,” ujar Sekda Adi Arnawa mewakili Bupati Badung saat menghadiri Karya melaspas petapakan Ratu Mas Agung, Ratu Niang, Ratu Ibu dan Pratima di Pura Dalem Desa Adat Lambing, Desa Sibang Kaja, Abiansemal, Jumat (23/2/2024).

Karya ini memperoleh Bantuan Dana Hibah Anggaran Perubahan Tahun 2023 yakni Ngodakan dan Melaspas Petapakan Ratu Mas Agung dan Pratima di Pura Dalem Adat Lambing sebesar Rp 600 juta.

Bersamaan dengan Karya tersebut, Sekda Adi Arnawa juga sekaligus menyerahkan Bantuan Dana Hibah Perubahan Tahun 2023 untuk Pembangunan Balai Panjang Pura Desa dan Puseh Desa Adat Lambing sebesar Rp 1,1 miliar lebih, Bantuan Dana Hibah Perubahan Tahun 2023 Pengadaan Busana/Pakaian Adat Bali Paiketan Krama Istri (Pakis) Desa Adat Lambing sebesar Rp 161 juta lebih, Bantuan Dana Hibah Perubahan Tahun 2023 Pengadaan Busana Tari Sekaa Wali Jaya Nareswari Banjar Lambing Desa Sibangkaja sebesar Rp 250 juta lebih.

BACA :  Polisi Kembali Gelar Razia dan Amankan 13 Motor Knalpot Brong

Pada kesempatan tersebut tokoh muda Putu Dandy Astra Wijaya juga ikut menyerahkan bantuan sebesar Rp 10 juta.

Semua merupakan bentuk perhatian pemerintah melalui kebijakan Bupati Badung Nyoman Giri Prasta terhadap peningkatan penguatan seni, budaya, agama dan pembangunan sesuai dengan proposal usulan masyarakat yang sepenuhnya sudah direalisasikan dan akan berkembang sesuai kebutuhan masyarakat.

“Perlu saya sampaikan bantuan-bantuan di Desa Adat Lambing ini sudah berjumlah banyak sekali, ini merupakan suatu hal yang luar biasa melihat perkembangan pariwisata yang sangat berkembang pesat, semoga Badung tetap seperti ini, jika pariwisata terus berkembang, maka pemasukan akan meningkat, dan hal tersebut pasti diserahkan ke masyarakat kembali untuk digunakan membangun daerah Badung agar semakin maju,” pungkas Adi Arnawa

Sementara dalam sambutan Bendesa Adat Lambing I Made Juli Antara menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang pada kesempatan ini diwakili oleh Sekda Adi Arnawa karena sudah memberikan atensi yang luar biasa terhadap proposal yang diajukan, serta telah menggelontorkan bantuan berupa dana hibah sejumlah total Rp 2,2 miliar.

BACA :  Pj Jendrika Hadiri Upacara Karya di Pura Kahyangan Jagat Tirta Segening, Tirta Tunggang, dan Pura Taman Sari, Banjar Siku Desa Kamasan

“Mewakili krama Desa Adat Lambing beserta segenap pengurus Desa Adat Lambing mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati dan Bapak Sekda karena tak henti-henti memberikan bantuan dana hibah untuk masyarakat kami di Desa Adat Lambing,” ucapnya.

Hadir pula pada Karya tersebut Perbekel Desa Sibangkaja Ni Nyoman Rai Sudani, Bendesa Adat Lambing I Made Juli Antara, Kelian Adat Br. Lambing I Made Wardana, Kaling Br. Lambing I Wayan Suyastra, Tokoh Muda Milenial Putu Dandy Astra Wijaya serta krama Desa Adat Lambing.

Penulis : Kadek Adnyana
Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular