Kamis, Maret 28, 2024
BerandaBadungPemkab Badung Serahkan Gong Semarandana Untuk Komitmen Lestarikan Seni dan Budaya

Pemkab Badung Serahkan Gong Semarandana Untuk Komitmen Lestarikan Seni dan Budaya

BADUNG, balipuspanews.com – Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa menyerahkan bantuan seperangkat Gong Semarandana kepada Krama Banjar Baler Pasar, Desa Adat Tegal, Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal. Dimana bantuan gong tersebut diterima Kelian Banjar Dinas, I Ketut Sania, pada Sabtu (16/01/2021) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Suiasa menyampaikan bahwa bantuan Gong Semarandana ini merupakan bagian dari komitmen Pemkab Badung dalam melestarikan seni, adat, agama, dan budaya. Komitmen ini telah pula menjadi salah satu prioritas dalam Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) di Kabupaten Badung.

“Kami harapkan gong ini dapat dimanfaatkan dengan baik dalam meningkatkan kreativitas generasi muda dibidang seni karawitan maupun seni tari serta mendukung pelaksanaan yadnya,” jelas Wakil Bupati Badung pada acara yang juga dihadiri anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta dan Camat Abiansemal IB Putu Mas Arimbawa.

Dijelaskan pula bahwa Agama Hindu di Bali tidak bisa dilepaskan dari tiga hal yaitu, agama, budaya, dan adat. Gong bagian dari kesenian dan budaya yang sudah menjadi bagian dari Agama Hindu.

BACA :  Mahasiswa Sulap Limbah Tahu dan Kotoran Sapi Jadi Biogas dalam Waktu Singkat

Untuk itu Suiasa mengajak masyarakat, selain mengajegkan seni dan budaya, juga yang terpenting meningkatkan sradha bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Seni adalah rasa, seni akan meningkatkan rasa persatuan kita, dimana seni berjalan dengan baik disana kramanya bersatu,” tambahnya.

Dibagian lain, untuk mempercepat penanggulangan wabah COVID-19, Suiasa meminta masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan COVID-19 dengan melaksanakan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Mohon taat dan patuh terhadap protokol kesehatan. Kuncinya disiplin dan taat prokes serta jangan takut divaksin,” imbuhnya.

Sementara itu Kelian Dinas Banjar Baler Pasar I Ketut Sania menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung khususnya Bupati dan Wakil Bupati Badung yang sudah membantu Krama Banjar Baler Pasar berupa satu barung gong semarandana karena gong ini sangat bermanfaat bagi krama banjar khususnya sekaa teruna dalam upaya meningkatkan kreativitas dalam bidang seni dan budaya.

“Kami atas nama Krama Banjar Baler Pasar sangat berterima kasih atas bantuan gong ini. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik, tentunya dalam mendukung kegiatan keagamaan, seni dan budaya,” harapnya.

BACA :  Kominfo Ajak Masyarakat Rajut Harmoni Bersatu Membangun Negeri Pasca Pemilu Damai

Penulis : Ayu Diah 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular