Pemerintah Kabupaten Bangli yang dikoordinir Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Bangli, ngaturang bhakti penganyar, Selasa (7/11)
sewa motor matic murah dibali

Bangli, balipuspanews.com – Serangkaian Karya Pengusabhan Jagat Pura Agung Kentel Gumi (Puseh Jagat Bali) Kabupaten Klungkung yang puncaknya sudah berlangsung pada Wraspati, Umanis, Dunggulan, Kamis (2/11) lalu, Pemerintah Kabupaten Bangli yang dikoordinir Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Bangli, ngaturang bhakti penganyar, Selasa (7/11).

Bhakti penganyar ini diikuti oleh pimpinan OPD dan staf dilingkungan Pemkab Bangli.

Kabag Kesra Sekda Bangli Jro Penyarikan Widata mengatakan, bhakti penganyar ini selain merupakan wujud bhakti kehadapan Ida Betara yang berstana di Pura Agung Kentel Gumi, juga merupakan kewajiban Pemerintah Kabupaten/kota se-Bali untuk ngaturan bhakti.

Lanjut dia, adapun bhakti yang diaturkan berupa bebangkit dan soroan suci yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Manuaba dari Gria Gede Tusan, Klungkung.

 

“Melalui bhakti ini kita kita berdoa dan berharap Ida Bhatara yang berstana di Pura Agung Kentel Gumi memberikan anugerah dan sinarnya, sehingga semua urusan pemerintahan di Pemerintah Kabupaten Bangli bisa berjalan dengan baik.

Dan yang tidak kalah penting masyarakat Bali bisa dijauhkan dari semua bentuk bencana, khususnya bencana Gunung Agung agar cepat berlalu, sehingga masyarakat yang terdampak bencana bisa segera beraktivitas seperti biasa”harapnya.

Seusai acara persembahyangan Pemerintah Kabupaten Bangli melalui Kabag Kesra Jro Penyarikan Widata juga ngaturang punia yang diterima oleh Bendesa Pura Agung Kentel Gumi I Made Deresta.

 

Rangkaian Karya Pegusabhan Jagat Pura Kentel Gumi (Puseh Jagat) Kabupaten Klungkung, sudah diawali dengan prosesi nanceb taring pada Sukra, Paing, Gumbreg, Jumat, 29 September 2017, Ngawit Nyuci , Ngingsah lan Negtegan pada Sukra, Wage, Wariga Jumat 6 Oktober 2017, Nedunang Ida Bhatara Manca, Nedunang Ida Bhatara Pura Agung Kentel Gumi, Ngiyas Ida Betara pada Saniscara, Umanis, Sungsang, Sabtu 28 Oktober 2017, Melasti, Memasar, Ngaturang Ayaban pada Redite, Paing, Dunggulan, Minggu 29 Oktober 2017, Mapepade Karya lan Pucak Pujawali pada Wraspati, Umanis, Dunggulan, Kamis 2 Nopember 2017 dan Ida Bhatara mesineb pada Anggara, Pon, Langkir, 14 Nopember 2017 mendatang.

Tinggalkan Komentar...