sewa motor matic murah dibali

SINGARAJA, balipuspanews.com — Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG bersama rombongan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melaksanakan persembahyangan pada Bakti Penganyar  serangkaian Upacara Panca Wali Krama dan Upacara Tawur Labuh Gentuh, memohon  kehadapan Ida Sang Hyang Widi Wasa, agar selalu diberikan kesejahteraan bagi seluruh mahluk hidup yang ada di alam semseta ini,

Pada kesempatan itu juga, Bakti Penganyar Pemkab Buleleng berbarengan dengan Kodya Denpasar, Kabupaten Jember, serta Kabupaten Situbondo. Persembahyangan ini diikuti oleh Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Gede Supriatna, SH, dan juga beberapa Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Buleleng, bertempat di Pura Mandara Giri Semeru Agung, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jum’at (19/07).

Usai Melaksanakan persembahyangan, Wabup Sutjidra mengatakan, sebagai umat manusia sudah seharusnya kita mengucap syukur kepada sang pencipta, karena telah diberikan kesehatan serta kelancaaran ketika melakukan sesuatu apapun, karena tanpa petunjukNya, pekerjaan yang dilakukan tidak akan menemukan kemudahan.

 

“Upacara ini turunnya satu kali dalam setahun, sesibuk apapun kita, alangkah baiknya sisihkan waktu untuk menyempatkan diri “tangkil” ke Pura Mandara Giri ini,” katanya.

Selama bertahun-tahun, masih kata Wabup Sutjidra, Pemkab Buleleng secara rutin melakukan persembahyangan pada upacara Panca Wali Krama yang bertepatan dengan purnama sasih kasa ini. Perjalanan yang ditempuh cukup jauh dari Buleleng, tidak menjadi alasan untuk tidak melaksanakan persembahyangan.Umat Hindu yang datang dari berbagai daerah terlihat begitu antusias untuk bisa hadir dan memohon sinar suci kepadaNya.

“Kebetulan juga, kita di sini melaksanakan persembahyangan bersamaan dengan Wakil Gubernur Bali, Cok Ace dan juga Wali Kota Denpasar, Rai Mantra, selain bisa sembahyang bersama, tentunya kami bisa menjalin tali persaudaraan yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya berharap semoga dengan rasa yang tulus dalam mengucap doa, akan timbul pemikiran yang positif serta dijauhkan dari hal-hal yang bersifat negatif dalam menjalankan hidup ini. Rasa terima kasih juga diucapkannya kepada seluruh umat Hindu yang ada di Jawa Timur, khususnya di Kecamatan Senduro, telah menjaga tempat suci ini dengan baik, sehingga sampai saat ini Pura Mandara Giri Semeru Agung terjaga kelestariannya.

“Terima kasih kepada warga Kecamatan Senduro khususnya umat Hindu yang telah menjaga tempat ibadah ini, semoga selalu dalam keadaan sehat, dan tetap dalam lindunganNya,” tutupnya.

Upacara Bakti Penganyar Kabupaten Buleleng dipuput oleh Ida Pedanda Gede Mas Dwija Putra saking Griya Taman Sari Baturiti, serta pada kesempatan ini Wabup Sutjidra menyerahkan punia, guna menunjang kelancaran pelaksanaan upacara dan upakara di pura tersebut.