Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Singaraja, balipuspanews.com — Ketertiban pengelolaan anggaran menjadi salah satu prinsip tercapainya kesejahteraan masyarakat. Dengan ketertiban pengelolaan tersebut, pengalokasian anggaran menjadi tepat sasaran. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng telah membuktikan ketertiban tersebut melalui diraihnya opini wajar Tanpa Pengecualian (WTP) keempat kalinya untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 serta diganjar penghargaan dari Menteri Keuangan.

 

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Singaraja Slamet Mulyono, SE. Ak., M.Prof.Acc mewakili Menteri Keuangan kepada Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, ST di Ruang Kerja Bupati Buleleng, Selasa (9/10).

 

Ditemui usai menerima piagam penghargaan tersebut, Bupati Agus Suradnyana menjelaskan penghargaan opini WTP ini merupakan yang keempat kalinya. Jika telah mencapai WTP lima kali berturut-berturut, penghargaan akan diserahkan langsung oleh Menteri Keuangan. Oleh karena itu, saat ini Pemkab Buleleng sedang berusaha keras dan bertekad untuk meraih opini WTP kelima kalinya.

 

“Kita masih berusaha untuk mencapai hal tersebut. Namun ada hal yang berat disini yaitu laporan dana desa masuk ke laporan keuangan kabupaten sehingga saya terus berdiskusi dengan Dinas PMD,” jelasnya.

 

Mantan Ketua Komisi III DPRD Bali ini menambahkan dirinya terus mendorong Dinas PMD untuk melakukan pendampingan pengelolaan dana desa mengingat laporan pengelolaan dana desa masuk ke laporan keuangan kabupaten. Pendampingan diperlukan agar pengelolaan dana desa tidak menjadi masalah dan mendegradasi opini laporan keuangan kabupaten. Hal ini yang terus akan didorong untuk menghindari terdegradasinya opini.

 

“Mudah-mudahan dengan penghargaan ini bisa menginspirasi para kepala desa untuk mengeluarkan kebijakan yang transparan sehingga reward dari Kementrian Keuangan bisa diraih,” imbuhnya.

 

Sementara, Slamet Mulyono mengatakan penyampaian penghargaan opini WTP atas LKPD ini dilakukan dalam audiensi yang digelar KPPN Singaraja kepada Bupati Buleleng. Atas capaian tersebut, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati memberikan apresiasi dan penghargaan tersebut. Diharapkan nantinya, Pemkab Buleleng bisa mempertahankan opini WTP ini.

 

“Saya menyampaikan apresiasi berupa penghargaan kepada Pemkab Buleleng atas opini WTP yang diraih. Semoga WTP ini bisa dipertahankan setiap tahun,” singkatnya.

Advertisement

Tinggalkan Komentar...