Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBulelengPemkab Buleleng Terus Dorong DTKS yang Akurat

Pemkab Buleleng Terus Dorong DTKS yang Akurat

BULELENG, balipuspanews.com – Guna meminimalisir masih adanya beberapa data masyarakat kurang mampu yang belum terjangkau dari pendataan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng terus mendorong dan mengupayakan adanya keakuratan isi dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Hal ini sangat diperlukan untuk penyusunan program kesejahteraan masyarakat.

Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra menjelaskan hingga kini dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Buleleng tentu diperlukan adanya suatu data yang akurat mengenai kondisi dari masyarakat itu sendiri. Sehingga melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial nantinya bisa menjadi pusat data dari kondisi kesejahteraan masyarakat Buleleng.

Menyikapi hal itu Pemkab melalui Dinas Sosial (Dinsos) Buleleng terus mendorong dan mengupayakan agar data tersebut benar-benar akurat. Potret dari profil masyarakat yang pra sejahtera atau belum sejahtera bisa digambarkan dalam data tersebut.

“Sehingga ada satu data di Dinsos yang memberi data gambaran mengenai kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Buleleng,” jelasnya.

Kemudian data-data dari potret profil masyarakat Buleleng tersebut untuk selanjutnya dilaporkan ke Badan Pusat Statistik (BPS). Termasuk dicatat juga oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Dengan begitu, ada sinergi dari pihak-pihak terkait dalam penyusunan program. Utamanya program-program yang menyangkut kesejahteraan masyarakat Buleleng.

BACA :  Serikat Pekerja PLN Bantu Biaya Pendidikan Siswa Kurang Mampu

“Begitu pula dengan bagaimana kita berupaya maksimal dalam pengentasan kemiskinan,” imbuhnya.

Wakil Bupati asal Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan ini juga mengingatkan keterlibatan semua pihak sangat dibutuhkan apalagi saat ini dari komunitas sosial memang sangat gencar di Buleleng.

Relawan-relawan dari komunitas sosial ini juga bergerak melakukan perekaman dan pemetaan terhadap masyarakat yang sangat membutuhkan. Lalu membuka donasi untuk meringankan beban masyarakat tersebut.

“Kerja ini merupakan kerja bersama sehingga masyarakat yang benar-benar membutuhkan bisa terbantu,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular