Jumat, Maret 29, 2024
BerandaNewsEdukasiPemkab Klungkung Akan Fasilitasi Pemasaran Garam Kusamba

Pemkab Klungkung Akan Fasilitasi Pemasaran Garam Kusamba

Semarapura,balipuspanews.com- Bupati Klungkung Nyoman Suwirta mengawal langsung proses revitalisasi petani garam Kusamba dan Pesinggahan. Terbukti, bupati yang baru terpilih kembali dalam Pilkada Klungkung itu memimpin langsung pertemuan dengan petani garam di tempat pemindangan ikan Kusamba Rabu ( 25/7) 2018.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dalam pengarahannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Klungkung sudah menyediakan alat untuk memproduksi garam beryodium. Bupati Suwirta mengajak petani garam untuk membangkitkan dan menghasilkan kembali garam beryodium.

Bupati Suwirta menjelaskan, konsep petanian garam yang akan digunakan Pemkab ada dua yakni konsep tradisional dan konsep modern. Untuk di daerah Pesinggahan Pantai Belatung akan menggunakan konsep tradisional yang nantinya akan diintegrasikan dengan objek wisata yang terdapat di daerah tersebut. Untuk tempat pembuatan garam beryodium akan dipusatkan di daerah Kusamba yang menggunakan konsep modern dan juga Pesinggahan dengan menggunakan konsep tradisional.

“ Apabila petani garam ingin memasarkan produk garam ke seluruh Bali, bentuklah kelompok, agar pemkab Klungkung dapat dengan mudah dalam membantu memberikan bantuan modal,”  ujar Bupati Suwirta.

BACA :  SDN 1 Tojan Klungkung Terpilih Sebagai Sekolah Terbaik se-Bali Diajang Program Ban The Big 5

Mengenai pemasaran garam lokal, demikian Suwirta, petani tidak perlu cemas, Pemkab Klungkung yang akan memfasilitasi. Kepada dinas kelautan dan ketahanan pangan, bupati meminta pertemuan itu bisa ditindaklanjuti.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten KLungkung I Wayan Durma melaporkan, tahun 2017 pemeritah Kabupaten Klungkung melalui Dinas Kelautan sudah memberikan bantuan kepada 17 anggota, bantuan yang diberikan berupa mesin, pipa, dan drum penampung air tersebut, digunakan untuk menarik air, sehingga mempermudah proses pembuatan garam.

Namun karena terkendala faktor cuaca, baru 7 anggota saja yang sudah memasang. Pemkab Klungkung sudah bekerja sama dengan BPN terkait lahan-lahan pemerintah yang bisa dipakai oleh petani garam. Jika dalam keadaan normal, petani garam dapat memanen garam dengan berat minimal 15 kg perhari. Saat ini masyarakat Klungkung membutuhkan garam sebanyak 1,2 ton perhari.

Kasi Hubungan Hukum Pertanahan (HHP) kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten  Klungkung Putu Birawan mendukung keinginan Pemkab untuk membangkitkan kembali petani garam. BPN Kabupaten KLungkung berharap agar pada tahun 2018 ini, semua tanah yang dimiliki petani garam yang belum disertifikatkan agar segera mengurus administrasinya supaya bisa disertifikatkan tahun ini.

BACA :  Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Pengayar di Pura Agung Besakih

Sertifikat tersebut dapat digunakan untuk memberikan kepastian hak atas tanah dan kepastian hukum atas kepemilikan tanah yang diusahakan masyarakat petani yang tinggal dipedesaan secara cepat, tepat, mudah, murah dan aman juga dapat diberdayakan untuk permodalan usaha.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Kelompok Petani Garam Sarining Segara I Wayan Rena, Perbekel Desa Kusamba I Ketut Winastra, dan undangan terkait lainnya. (roni/ bas)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular