Pemkab Klungkung melangsungkan upacara nganyarin di Pura Agung Blambangan
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Semarapuura, balipuspanews.com- Pemerintah Kabupaten Klungkung melaksanakan Bhakti Penganyar di Pura Agung Blambangan, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (11/6) 2018. Bakti penganyar serangkaian Pujawali di pura setempat, yang puncaknya dilaksanakan pada  Saniscara Kliwon Wuku Kuningan, Sabtu (9/6)2018 lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra memimpin langsung prosesi penganyaran yang juga dihadiri segenap jajaran OPD dlingkungan Pemkab Klungkung, WHDI Kabupaten Klungkung serta umat sedharma lainnya.

Prosesi diawali dengan menghaturkan persembahan didepan palinggih utama. Bunyi genta Ida Pandita Mpu Nabe Darmika Sandi Kertayasa dari Griya Pesangaran Banyuwangi yang memimpin prosesi, menambah hening dan khusyuknya ritual di pura yang banyak dikunjungi warga Bali itu.

Rangkaian penganyar juga diisi pementasan Tarian Rejang Renteng dan Rejang Sari oleh WHDI Kabupaten Klungkung.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Klungkung I Wayan Winata menyebutkan, bakti penganyar merupakan wujud srada bakti umat kehadapan Ida Bhatara yang berstana di Pura setempat. Diharapkan, melalui bakti penganyar ini senantiasa mendapat kerahayuan dan diberikan tuntunan dalam melanjutkan pembangunan, khususnya di Kabupaten Klungkung.

“ Semoga melalui bakti penganyar ini kita mendapat tuntunan dalam melanjutkan pembangunan,” harapnya.

Panitia Pujawali Anang Siswanto menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Klungkung yang telah berpartisipasi melaksanakan bakti penganyar. Menurutnya,  pujawali di Pura Agung Blambangan dilaksanakan rutin setiap enam bulan sekali atau 210 hari sekali bertepatan dengan hari raya Kuningan. Pemedek yang tangkil dari berbagai daerah dan selalu berjubel. Bahkan, saat puncak pujawali yang dilaksanakan Sabtu, (9/6) 2018, pemedek yang tangkil melakukan persembahyangan hingga lewat tengah malam.

“ Selama pujawali ini pemedek selalu ramai yang tangkil,” ujarnya.

Anang Siswanto mengatakan, Pura Agung Blambangan merupakan salah satu dari empat Pura Kahyangan Jagat di Kabupaten Banyuwangi. Diantaranya Pura Giri Salaka Alas Purwo, Pura Gunung Raung dan Pura Giri Purwo Waseso.

“ Untuk di Kabupaten Banyuwangi sendiri ada sekitar 127 Pura,” sebutnya.

Rangkaian Pujawali di Pura Agung Blambangan diawali dengan matur piuning di pura setempat, Senin (4/6/2018), dilanjutkan dengan ayah-ayahan membuat sarana upakara. Pujawali berlangsung hingga Selasa (12/6/2018) dengan upacara penyineban. (roni/ sur)

Tinggalkan Komentar...