Kamis, April 18, 2024
BerandaKlungkungPemkab Klungkung Muspayang Penganyar di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang

Pemkab Klungkung Muspayang Penganyar di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang

Wabup Kasta Serahkan Punia Genta di Blambangan

Semarapura,balipuspanews.com- Pemerintah Kabupaten Klungkung ngaturang bakti penganyar di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang, Jawa Timur, Rabu (4/7/2018). Rombongan penganyar dipimpin Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. Bakti penganyar digelar serangkaian Pujawali  di pura setempat yang puncaknya dilaksanakan pada Purnama Sasih Kasa, Kamis (28/6/2018).

Mengiringi bakti penganyar Pemkab Klungkung dipentaskan tari rejang renteng dan topeng Sidakarya. Hadir bersama rombongan Pemkab, Krama Desa Pakraman Gerombong, Kecamatan Dawan selaku penyanggra Upacara Tawur Agung Kesanga tahun 2018 di Kabupaten Klungkung dan penyanggra penganyar serta umat sedahrma lainnya. Bakti penganyar Pemkab Klungkung dipuput dua Sulinggih. Masing-masing Ida Pedanda Gede Karang Putra Keniten dari Geriya Karang, Desa Paksebali, Kecamatan Dawan dan Ida Pedanda Istri Rai Keniten dari Geriya Anyar Ketewel, Gianyar.

Panitia Pujawali, Wira Darma menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Klungkung yang sudah berpartisipasi menghaturkan bakti penganyar di Pura Mandhara Giri Semeru Agung Lumajang. Menurut Wira Darma, Pujawali di pura ini dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan Rahina Purnama Sasih Kasa. Selama pujawali, pemedek yang tangkil selalu ramai.

BACA :  Pj Jendrika Hadiri Upacara Karya di Pura Kahyangan Jagat Tirta Segening, Tirta Tunggang, dan Pura Taman Sari, Banjar Siku Desa Kamasan

Baca Juga: 

Tunjung Simbol Dewata Nawa Sanga, Sarana Persembahan Ketulusan    …

“ Kami mewakili panitia mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Klungkung,” ujar Wira Darma.

Disebutkan, untuk tahun ini, rangkaian pujawali dimulai sejak Selasa 26 Juni dengan prosesi Melasti dilanjutkan dengan Mepepada Wewalungan keesokan harinya.

“ Ida Bhatara katuran mesineb Senin 9 Juli mendatang,” sebutnya.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta menyampaikan bakti penganyar sebagai wujud srada bakti umat kehadapan Ida Bhatara yang berstana di pura setempat. Wabup berharap, melalui bakti penganyar ini senantiasa mendapat kerahayuan dan diberikan tuntunan dalam melanjutkan pembangunan, khususnya di Kabupaten Klungkung.

“ Semoga melalui bakti penganyar ini kita mendapat tuntunan dalam melanjutkan pembangunan,” harapnya.

Sebelumnya, Wabup Kasta bersama rombongan juga melakukan persembahyangan bersama di Pura Agung Blambangan, Jawa Timur. Sebagai dukungan terhadap swadarma kepemangkuan, Wabup Kasta menghaturkan punia lima buah Genta kepada pemangku pura setempat.(roni/sur)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular