Keterangan Foto : Mewakili Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat menyerahkan piagam penghargaan penilaian monitoring dan evaluasi kearsipan perangkat daerah tahun 2019, di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kota Denpasar, Jumat (16/8).
Keterangan Foto : Mewakili Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat menyerahkan piagam penghargaan penilaian monitoring dan evaluasi kearsipan perangkat daerah tahun 2019, di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kota Denpasar, Jumat (16/8).
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, Balipuspanews.com -Kearsipan menjadi suatu hal yang sangat penting dalam menyukseskan pembangunan. Di Kota Denpasar motivasi untuk tertib administrasi dan kearsipan dilakukan dengan penyelenggaraan lomba kearsipan. Mewakili Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara saat menyerahkan piagam penghargaan penilaian monitoring dan evaluasi kearsipan perangkat daerah tahun 2019, di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kota Denpasar, Jumat (16/8). Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bali yang diwakili oleh Kepala Bidang pengelola Kearsipan, Luh Terry Yuliandrana Seputra, dan para penerima penghargaan. Dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara menyerahkan penghargaan kepada 5 besar juara, diantaranya sebagai Juara I diperoleh oleh Dinas Kebudayaan, Juara II  Dinas Pariwisata, Juara III Dinas perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertahanan, Juara Harapan I RSUD Wangaya, dan Juara harapan II diperoleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara mengatakan kita harus terus bersemangat untuk meningkatkan kualitas diri salah satunya dengan tertib kearsipan. Peranan arsip dalam kehidupan pemerintah, negara dan bangsa sangat besar dan penting, sebagai sumber data dan informasi, bahan pertanggung jawaban  kinerja  pemerintah dan sebagai memori kolektif bangsa bahan pertanggung jawaban untuk generasi yang akan datang. “Ini juga sebagai salah satu tolak ukur keberhasilan pembangunan, “ ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, pengelolaan arsip harus semakin membaik, sehingga dokumen-dokumen sebagai tanda bukti yang authentic dan dapat di pertanggungjawabkan dapat tersimpan dengan baik serta dapat ditemukan balik secara cepat dan tepat. Sekda Rai Iswara juga mengucapkan selamat kepada Organisasi Perangkat Daerah dan Perusahaan Daerah yang berprestasi, semoga kedepan seluruhnya mampu terus meningkatkan prestasinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kota Denpasar, I Putu Budiasa mengatakan lomba kearsipan diikuti oleh 35 perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar . ”Tim juri lomba kearsipan terdiri dari  4 orang arsiparis (madya dan terampil) dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  Provinsi Bali,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, kedepan Lembaga Kearsipan Daerah ini menjadi sangat strategis dan dengan dikelola oleh SDM yang berkualitas, punya komitmen, dan telah mengikuti pembekalan intern maka peningkatan pengelolaan dan penyelenggaraan kearsipan di Pemerintah Kota Denpasar bisa tercapai lebih-lebih dengan adanya penyelenggaraan pengawasan dan audit sesuai dengan peraturan kepala anri nomor  6 tahun 2019 tentang pengawasan kearsipan, (rls/bpn).