Selasa, Juli 23, 2024
BerandaDenpasarPemkot Denpasar Gelar Simulasi Siaga Bencana di Serangan

Pemkot Denpasar Gelar Simulasi Siaga Bencana di Serangan

Denpasar, balipuspanews.com – Pemkot Denpasar dibawah kepemimpinan Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra dan Wakil Walikota Denpasar I.G.N Jayanegara terus melakukan langkah kesiapsiagaan terjadinya bencana alam, melalui berbagai program kegiatan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Di samping adanya nomor panggilan darurat 112 yang telah diluncurkan Wali Kota Rai Mantra belum lama ini, namun juga dilakukan penguatan lewat simulasi kesiapsiagaan kebencanaan.

Seperti pada Rabu (26/4) pelaksanaan simulasi kebencanaan dipusatkan di Tempat Evakuasi Sementara (TES) Tsunami Kelurahan Serangan Kecamatan Denpasar Selatan.

Kegiatan dilaksanakan meliputi gelar Simulasi Diseminasi Gempa Bumi dan Tsunami oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar yang dihadiri Camat Densel AA Gde Risnawan, sejumlah OPD dilingkungan Pemkot Denpasar, serta masyarakat kelurahan Serangan.

Plt Kepala BPBD Kota Denpasar Made Praptha menjelaskan keberadaan Tempat Evakuasi Sementara (TES) ini telah dibangun sejak tahun 2016 lalu bersamaan dengan dua buah sirine peringatan dini tsunami yang ditempatkan di Kelurahan Serangan dan satu lagi dikawasan pantai Matahari Terbit, Sanur.

BACA :  Terseret Arus Saat Berenang, Pengunjung Pantai Tewas

“Gedung evakuasi sementara Tsunami ini memilki dua lantai dengan tinggi gedung 15 M dan Luas Gedung 17 Are serta mampu menampung ribuan orang,” ujar Made Praptha.

Lebih lanjut Made Praptha menjelaskan, alur dari pelaksanaan simulasi ini didahului dengan dibunyikannya sirine peringatan dini Tsunami yang dikirimkan melalui satelit dari BMKG Wilayah III Denpasar untuk kemudian diantisipasi dengan para relawan menuju arah gedung evakuasi sementara untuk menyelamatkan diri. Kegiatan simulasi juga diisi dengan pengiriman bahan logistik oleh helikopter

“Simulasi ini merupakan bagian dari mitigasi bencana terutama bagi masyarakat di wilayah pesisir dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti tsunami agar nantinya tak memakan banyak korban” ujarnya.

Camat Densel AA Gde Risnawan didampingi Lurah Serangan, Wayan Karma menyambut baik pelaksanaan Simulasi Diseminasi Gempa Bumi dan Tsunami di kelurahan Serangan ini.

“Kegiatan ini saya harapkan terus dapat berkelanjutan karena penting dan efektif, tidak hanya untuk masyarakat pesisir tapi juga seluruh masyarakat Kota Denpasar agar semakin waspada terhadap terjadinya bencana alam,” ujar AA Risnawan.

BACA :  11 Tahun Lakukan Konservasi, Disbud Badung Kumpulkan 3200 Lontar
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular