Kamis, April 18, 2024
BerandaDenpasarPemkot Denpasar Terima Penghargaan dari APIP

Pemkot Denpasar Terima Penghargaan dari APIP

DENPASAR, balipuspanews.com-Pemerintah Kota Denpasar menerima piagam penghargaan atas capaian kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level 3 dengan kreteria Integrated.

Penghargaan ini diterima langsung Wali kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dari Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Bali, Muhammad Masykur, di Gedung Dharma Negara Alaya, Rabu (2/2/2022).

Tampak hadir juga dalam kesempatan ini, Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, Kepala Inspektur Kota Denpasar, Putu Naning Djayaningsih dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

Wali kota Jaya Negara menyampaikan apresiasi serta penghargaannya kepada BPKP perwakilan Provinsi Bali beserta jajaran atas pendampingan yang diberikan dalam upaya meningkatkan kapabilitas dari APIP Kota Denpasar, sehingga bisa menerima penghargaan Level 3.

“Atas diraihnya penghargaan APIP Level 3, diminta agar jajaran APIP Kota Denpasar memaknai peningkatan level ini bukan hanya sekedar piagam penghargaan tetapi juga diikuti dengan peningkatan kompetensi, wawasan, integritas dan independensi sehingga keberadaan APIP bisa menjadi garda terdepan dalam mengawal pelaksanaan pembangunan di Kota Denpasar,” kata Jaya Negara.

BACA :  OJK Nyatakan Sektor PVML Siap Hadapi Berakhirnya Kebijakan Stimulus Covid-19

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali Muhammad Masykur menyampaikan bahwa BPKP Perwakilan Provinsi Bali telah melaksanakan Penjaminan Kualitas (Quality Assurance) atas Penilaian Mandiri Kapabilitas APIP pada Inspektorat Kota Denpasar.

Dari hasil QA disimpulkan bahwa Inspektorat Kota Denpasar telah berada pada Level 3 (Integrated) untuk semua elemen.

Ditegaskan pula bahwa kapabilitas APIP merupakan cerminan kemampuan APIP dalam melaksanakan tugas pengawasan secara efektif dan efisien yang diidentifikasi dari pelaksanaan Key Proses Area (KPA) pada enam elemen yakni Peran dan Layanan, Pengelolaan SDM, Praktik Profesional, Akutabilitas dan Manajeman Kinerja, Budaya dan Hubungan Organisasi, serta Struktur Tata Kelola.

Kedepan diharapkan capaian kualitas APIP Kota Denpasar bisa terus ditingkatkan guna memberikan konsultasi yang memadai pada tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian internal Pemerintah Kota Denpasar.

BPKP selaku pembina APIP berharap dukungan dan komitmen Wali kota Denpasar dalam peningkatan Kapabilitas APIP melalui penerapan perencanaan dan pelaksanan pengawasan intern berbasis risiko.

Penulis: Gde Candra
Editor: Oka Suryawan

BACA :  Peringati May Day, Pemkot Denpasar Bersama Serikat Pekerja Akan Gelar Pentas Budaya
RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular