foto : Sosialisasi Si-Darling saat pelaksanaan Car Free Day di Kawasan Lapangan Puputan Margarana Renon, Denpasar, Minggu (16/9).
foto : Sosialisasi Si-Darling saat pelaksanaan Car Free Day di Kawasan Lapangan Puputan Margarana Renon, Denpasar, Minggu (16/9).
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, Balipuspanews.com -Sistem Sadar dan Peduli Lingkungan (Si-Darling) yang merupakan program andalan Pemkot Denpasar dalam membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan terus dimaksimalkan. Kali ini, sebagai upaya memberikan informasi kepada masyarakat tentang inovasi Si-Darling, Pemkot Denpasar gencar menggelar sosialisasi yang kali ini melibatkan Denpasar Singers dan Musisi Bali Jun Bintang di Kawasan Car Free Day, Lapangan Puputan Margarana Renon, Denpasar, Minggu (15/9).

Selain musisi, acara yang terlaksanakan atas kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar ini turut menggandeng Asosiasi Bank Sampah Indonesia Daerah Bali.

Kadis Kominfo Kota Denpasar, I Dewa Made Agung saat diwawancarai menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan edukasi serta mensosialisasikan kepada masyarakat guna mendukung kebijakan Perwali Kota Denpasar No. 36 Tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan plastik sekali pakai. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membangkitkan kesadaran masyarakat untuk ikut terlibat secara langsung dalam menjaga lingkungan.

“Sosialisasi Si-Darling ini menyasar masyarakat yang hadir sambil berolahraga di kawasan Car Free Day dengan menggandeng musisi ini diharapkan mampu meningkatkan antusiasme masyarakat, sehingga pesan atau informasi dapat disampaikan dan dipahami dengan baik,” paparnya.

Kepala UPT. Pengelolaan Sampah DLHK Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede Buditha berharap melalui sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi serta antusias masyarakat untuk menjaga lingkungan dengan menjadi nasabah Bank Sampah dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Lebih lanjut dijelasakan, Si Darling saat ini merupakan program strategis pengurangan sampah non organik di hulu/rumah tangga. Dengan demikian pengurangan sampah menuju ke TPA dapat diminimalisir.

“Ini merupakan wujud nyata revolusi mental dan perubahan karakter dalam kepedulian terhadap lingkungan, selain itu dengan Si Darling ini masyarakat juga akan mendapatkan rewerd berdasarkan capaiam poin,” ujar Ngurah Budhita sembari menekankan bahwa peningkatkan poin dapat dilaksanakan dengan aktif menjadi nasabah bank sampah yang kini jumlahnya di Kota Denpasar mencapai 100 Bank Sampah.

Dalam kesempatan tersebut Jun Bintang juga berharap melalui kegiatan sosialisasi ini semakin membangkitkan kesadaran dan rasa malu masyarakat untuk menjaga lingkungan dari bahaya sampah plastik.

“Program ini tentu sangat baik dan sudah menjadi kewajiban untuk ita dukung bersama sebagai upaya edukasi dan membangkitkan kepedulian masyarakat,” pungkasnya, (rls/bpn).