Ket foto : Pelaksanaan Penyemprotan Disinfektan di Pasar Burung Satriya, Jumat (10/5).
Ket foto : Pelaksanaan Penyemprotan Disinfektan di Pasar Burung Satriya, Jumat (10/5).
sewa motor matic murah dibali

DENPASAR, Balipuspanews.com -Sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya penyeberan virus H5N1 atau yang dikenal dengan istilah Flu Burung, Pemkot Denpasar melalui Dinas Pertanian Kota Denpasar gencar melaksanakan sprey atau penyemprotan cairan disinfektan. Kegiatan yang digelar secara rutin dan berkelanjutan ini kali ini dilaksanakan di Pasar Burung Satriya Denpasar, Jumat (10/5).

Satu persatu kios pedagang yang didomoniasi oleh pedagang unggas ini mendapat penyemprotan oleh petugas. Tak hanya itu, kesehatan hewan pun terus dipantau dengan melaksanakan pengecekan oleh dokter hewan.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, IB Sugiri saat dijumpai disela kegiatan menjelaskan bahwa penyemprotan Disinfektan merupakan kegiatan rutin dilaksanakan guna memastikan kesehatan hewan, khususnya di pasar hewan yang menjual unggas hidup. Sehingga, baik hewan maupun kawasan sekitarnnya dapat terjamin kesehatanya.

“Dengan penyemprotan diinfektan ini kami ingin memastikan kawasan penjual hewan utamanya unggas, termasuk kawasan sekitarnya tetap sehat dan terhindar dari virus,” paparnya.

Selain di pasar burung, Sugiri menjelaskan bahwa penyemprotsn ini dilaksanakan dengan menyasar jalur lalu lintas unggas. Hal ini mengingat virus flu burung dapat menular melalui beberapa media yang salah satunya adalah kotoran ayam.

“Perlu diketahui bahwa virus flu burung ini dapat menular dengan berbagai media, mulai dari unggas itu sendiri, udara sekitar, dan kotoran hewan, sehingga dengan penyemprotan ini diharapkan virus yang ada dapat mati,” terangnya.

Sugiri menambahkan bahwa gencarnya kegiatan ini dilaksanakan mengingat Bali belum seratus persen bebas dari kasus flu burung. Sehingga dengan [enyemprotan disinfektan ini dapat memutus mata rantai penyebaran virus fli burung.

“Tentunya kami berharap dapat memutus mata rantai penyebaran virus flu burung,” pungkasnya, (rls/bpn/min).

Tinggalkan Komentar...