Pemprov Bali Dinobatkan Provinsi Tercepat dalam Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah

Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati saat menerima Penghargaan Championship TP2DD 2022, Selasa (6/12/2022)
Wakil Gubernur Bali, Tjok. Oka Sukawati saat menerima Penghargaan Championship TP2DD 2022, Selasa (6/12/2022)

JAKARTA, balipuspanews.com
Sukses dalam percepatan perluasan digitalisasi di Pulau Dewata guna mendukung transparansi keuangan daerah Provinsi Bali meraih peringkat pertama pada Championship TP2DD 2022 Tingkat Provinsi untuk wilayah Jawa-Bali yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia di Hotel Le Meridien-Jakarta, Selasa (6/12/2022).

Provinsi Bali dinobatkan sebagai provinsi dengan percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah Terbaik, mengungguli Provinsi DKI Jakarta dan DI Yogyakarta yang masing-masing berada di peringkat ke-2 dan ke-3.

Hadir dalam penerimaan penghargaan mewakili gubernur yaitu Wagub Tjok. Oka Sukawati menerima penghargaan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Championship tahun 2022 yang mengusung tema ‘Akselerasi Digitalisasi Transaksi Pemda Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Pengelolaan Keuangan yang Lebih Akuntabel’.

Hal ini merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat terhadap kerja nyata pemerintah daerah dalam upaya percepatan dan perluasan digitalisasi di daerahnya.

Seperti diketahui, hal ini dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2021 tentang Pembentukan Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah yang bertujuan untuk mendorong implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) guna meningkatkan transparansi transaksi keuangan daerah, mendukung tata kelola dan pengintegrasian sistem pengelolaan keuangan daerah dalam rangka mengoptimalkan pendapatan daerah.

Disamping itu, hal bertujuan untuk mendukung pengembangan transaksi pembayaran digital masyarakat, mewujudkan keuangan yang inklusif serta peningkatan integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional.

Dalam rapat koordinasi yang di buka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartanto serta dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Gerard Plate dan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali juga turut memperoleh penghargaan sebagai Bank RKUD Terbaik dan Kabupaten Buleleng juga memperoleh peringkat terbaik 1 (satu) TP2DD Tingkat Kabupaten.

“Saya berharap dukungan gubernur, bupati dan walikota dapat menjadikan P2DD ini menjadi lebih besar dan penting,” ujar Airlangga Hartarto.

Dengan adanya Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) ini diharapkan dapat melakukan upaya-upaya konkrit untuk bersama-sama mensukseskan program percepatan digitalisasi daerah demi mewujudkan Indonesia terkoneksi makin digital, makin maju.

Penulis: Budiarta
Editor: Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version