Pemuda Pancasila-AKAR Bali Gelar Peringatan Sumpah Pemuda

Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pantai Suka Legawa, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Karangasem

Karangasem, balipuspanews.com – Pemuda Pancasila dan Aliansi Kerukunan Anak Rakyat (AKAR) Bali menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pantai Suka Legawa, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Karangasem.

Kegiatan peringatan Sumpah Pemuda ini, sekaligus untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Pemuda Pancasila, yang diselenggarakan pada Sabtu (28/10).

Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Karangasem I Gede Agung Parisak Juliawan mengatakan, saat ini Indonesia sedang diserang berbagai isu. Seperti, SARA, narkoba dan lainnya.

“Maka Pemuda Pancasila bertindak sebagai garda terdepan untuk senantiasa menjaga keutuhan NKRI. Kita di Bali jangan ikut-ikutan ingin memerdekakan diri. Karena kita adalah satu, Indonesia,” ujar pria yang akrab dipanggil Gung Parisak ini.

Baca Juga :  Orasi Ilmiah di UBK, Puan Ajak Wisudawan Teruskan Cita-cita Bung Karno Membangun Karakter Bangsa

Gung Parisak melanjutkan, pihaknya berharap supaya masyarakat Bali tetap mendukung Pancasila dan tidak tergoyahkan oleh apapun. Hendaknya masyarakat bersatu padu dalam kebersamaan dan semangat gotong royong.

“Sekali lagi saya tekankan, Pemuda Pancasila didirikan untuk membentuk karakter yang berintegritas, berani membela yang benar dan berada di pihak rakyat,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua AKAR Bali Karangasem Ketut Sugita Pande menyatakan, bahwa AKAR Bali selalu siap mendukung segala kegiatan sosial maupun kemasyarakatan yang bersifat positif.

“Relawan AKAR Bali siap ‘ngayah’ mendukung berbagai acara. Asal sifatnya positif, mendidik dan membentuk karakter anak bangsa,” ujar lelaki yang sering dipanggil Ketut Pande ini.

AKAR Bali, lanjut dia, di bawah komando Ketua Umum AKAR Bali Nyoman Oka Antara, juga selalu mendukung kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Misalnya, baru-baru ini AKAR Bali mengirimkan bantuan untuk pengungsi Gunung Agung di berbagai posko pengungsian.

Baca Juga :  11 ABG Terlantar Diamankan Satpol PP

Menurut Ketut Pande, sedang untuk kegiatan peringatan Sumpah Pemuda kali ini, AKAR Bali mendukung dengan menghadirkan alat musik dan mendatangkan artis sebagai hiburan untuk masyarakat dan pengungsi.

Sementara, kegiatan ini juga dihadiri Ketua Umum AKAR Bali sekaligus anggota DPRD Bali Nyoman Oka Antara, Camat Kubu, pihak Muspika Kecamatan Kubu dan dan sejumlah undangan lainnya.

Berbagai acara diselenggarakan, yakni membagi sembako untuk para lansia dan panti jompo, dan selanjutnya memberikan hiburan untuk pengungsi. Pelawak Jambul dan artis Lenju, Dek Enik serta artis penghibur lainnya, turut memeriahkan suasana di Pantai Suka Legawa ini.