Bupati Karangasem Gusti Ayu Mas Sumatri membuka pameran pembangunan yang ditandai dengan pemukulan gong
sewa motor matic murah dibali

Karangasem, balipuspanews.com – Pemotongan pita dan pemukulan gong menjadi tanda telah resmi dibukanya pameran pembangunan yang dirangkaikan dengan peringatan Hut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, Senin (06/08).

Pameran yang berlangsung di stadion Amlapura itu dibuka langsung oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi I Gusti Made Tusan,  Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa dan Ketua DPRD Kabupaten Karangasem I Nengah Sumardi.

Selain itu, dalam upacara pembukaan tersebut juga dihadiri Sekda I Gede Adnya Mulyadi, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Tokoh dan Para Pejabat Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua GOW Kab. Karangasem dan anggota, Ketua Majelis Madya Desa Pakraman dan Ketua PHDI Kab. Karangasem, Pihak Perbankan, Pengusaha beserta pihak sponsor dan jajaran Kepala SKPD Kabupaten Karangasem.

Sekda I Gede Adnya Mulyadi selaku Ketua Umum Panitai Tetap Peringatan HUT RI ke-73 menyampaikan, Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018 merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan diseluruh negara kesatuan Republik Indonesia, termasuk di Karangasem.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperingati dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun 2018 dan sebagai media refleksi dan introspeksi terhadap berbagai hasil pembangunan selama ini,” ujarnya.

Menurut Mulyadi, tujuan dilaksanakannya peringatan ini adalah untuk menyatukan identitas masyarakat Karangasem, membangkitkan kebanggaan pada Bumi Lahar, serta menggelorakan semangat untuk membangun Karangasem yang bermartabat melalui penampilan berbagai seni kreatif, budaya potensi dan keunggulan –  keunggulan yang dimiliki Kabupaten Karangasem sehingga menjadi daya tarik dan memiliki nilai jual serta menciptakan brand atau identitas Karangasem.

Sementara itu, dalam rangkaiannya memperingati hut kemerdekaan, berbagai macam kegiatan akan dilaksanakan seperti, lomba Gerak Jalan 17 dan 45 kilometer, Gerak jalan ditingkat SD, SMP, SMA, lomba Pelacakan atau Napak Tilas rute perjuangan I Gusti Ngurah Rai, Apel Kehormatan dan Renungan Suci serta Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-73 dan Upacara Penurunan Bendera. Selain itu juga disertai kegiatan sosial berupa donor darah, Pameran Industri dan Dagang.

Sementara itu, dalam pameran dagang dan industri tersebut diikuti oleh 73 peserta yang terdiri dari  11 peserta dari Organisasi Perangkat daerah (OPD) dan 62 peserta dari kalangan perusahaan, industri,  pengrajin, dan kuliner di Kabupaten Karangasem.

Tidak hanya itu, untuk hiburan dipanggung pameran akan disuguhka bermacam macam hiburan seperti pementasan Gong Kebyar antar Kecamatan, Pagelaran musik dari Band artis Lokal dan Bali, Lomba Grup Band “Karangasem Band Competition 2 Musik Anak Negeri” dan Lomba Menyanyi “Karangasem Magending 2, Karangasem Fun Walk bekerjasama dengan Alfa Prima serta berbagai pementasan kesenian lokal Karangasem.

Bupati Mas Sumatri usai membuka pameran tersebut mengatakan, sesuai dengan tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 ini, yakni “Kerja Kita Prestasi Bangsa”. Mas Sumatri meminta agar masyarakat terus memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa, mewujudkan demokrasi yang lebih baik dengan berpijak pada Sradha dan Susila sehingga Pembangunan Karangasem pada khususnya dapat berjalan dengan baik.

Sesuai dengan Visi Misi Kabupaten Karangasem yakni cerdas, bersih, dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana tentunya kita juga harus mampu menciptakan kedaulatan dalam sisi ekonomi, pangan, kebudayaan, serta Politik untuk mewujudkan Karangasem The Spirit of Bali.

“Tentunya untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan kerja keras dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Karangasem yang didukung oleh seluruh elemen masyarakat Karangasem,” ujarnya.

Mas Sumatri menambahkan,sejalan dengan hal tersebut, melalui momentum Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 ini, pada hari ini Pemerintah Kabupaten Karangasem mengadakan Pameran Dagang dan Industri yang bertujuan untuk memperkenalkan potensi dan hasil kerajinan UKM dan komoditi pasar yang ada di Kabupaten Karangasem kepada seluruh masyarakat luas. Kedua, mempertemukan para pelaku usaha untuk berbagi pengalaman sehingga dapat dijadikan Best Practice dalam memajukan dan pengembangan usaha. Serta ketiga, untuk mempertemukan antara pelaku usaha dan konsumen sehingga akan mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Karangasem.

Pihaknya berharap dengan ketiga tujuan dimaksud, dapat mendorong perekonomian masyarakat Karangasem ke arah yang lebih baik. Karena pada hakekatnya pembangunan industri merupakan salah satu pilar pembangunan perekonomian yang dapat diarahkan dengan menerapkan prinsip-prinsip pembangunan industri berkelanjutan yang didasarkan pada aspek pembangunan ekonomi. ( igs/sur)

 

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here