Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBulelengPendangkalan Irigasi Subak di Sudaji Segera Dikeruk

Pendangkalan Irigasi Subak di Sudaji Segera Dikeruk

Singaraja, balipuspanews.com — Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Buleleng dalam waktu dekat ini akan segera melakukan pengerukan pada saluran irigasi di Bendungan Penarukan (Gandameru), Banjar Ceblong, Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng.

Sebelumnya, sembilan subak di Sudaji sempat mengeluhkan kondisi irigasi yang mengalami pendangkalan cukup parah.

Seijin Kadis PUPR Buleleng, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Gede Ngurah Dharma Seputra, ST., MAP memastikan, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan segera melakukan pengerukan di saluran irigasi Bendungan Penarukan.

Pihaknya mengkhawatirkan, jika tidak segera ditangani, pendangkalan endapan waled’ (tumpukan lumpur) bercampur material batu kerikil tersebut, tidak saja memicu kekeringan, bahkan berpotensi menimbulkan bencana baru bagi masyarakat tinggal di sekitar saluran irigasi.

“Setelah kami cek ke lokasi, kondisi (pendangkalan) irigasinya memang cukup parah. Temuan itu sudah langsung kami laporkan kepada pimpinan (Kadis). Hasil rapat, segera dilakukan pengerukan. Ya, dananya dianggarkan di perubahan tahun 2018 ini,” tegas Kabid Seputra melalui sambungan telepon seluler, Minggu (2/9) sore.

BACA :  PJ Bupati Lihadnyana Dorong Pembangunan Kesehatan Berorientasi Sehat

Pengerjaan pengerukan di Bendungan Penarukan, sebut Kabid Seputra, mulai dilakukan pada bulan Oktober 2018 mendatang, menelan anggaran sebesar Rp 195 juta, tercantum dalam DPA pemeliharaan jaringan air, perabasan rumput dan pengerukan sedimentasi Daerah Aliran Sungai (DAS), Buwus, Buleleng, Penarukan.

“Pengerukan tentu dilakukan secara bertahap, membersihkan waled di pintu Bendungan Penarukan (Gandameru), termasuk saluran irigasi subak,” jelasnya.

Imbuh Kabid Seputra, pemeliharaan jaringan air tak hanya dilakukan di Bendungan Penarukan.

“Kami juga melakukan pemeliharaan jaringan air di beberapa lokasi, seperti DAS Daya Gelung Penarukan, DAS Banyumala dan Mendaum, DAS Gerokgak, Banyupoh, serta ada pemeliharaan jaringan air berupa penggantian pintu air, dan perbaikan rumah pintu air,” ungkapnya.

Nah, dengan adanya pengerukan di Bendungan Penarukan, diharapkan saluran irigasi mengairi sembilan subak di Sudaji, juga mengairi beberapa subak di Suwug bisa kembali berfungsi secara normal menyuplai air bagi lahan pertanian hingga kawasan hilir saluran irigasi.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular