Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBadungPendapatan Pajak Hiburan di Badung Meningkat 40 Persen, Pajak Parkir Turun 10...

Pendapatan Pajak Hiburan di Badung Meningkat 40 Persen, Pajak Parkir Turun 10 Persen

BADUNG, balipuspanews.com – Pajak hiburan di Kabupaten Badung nampaknya menunjukkan tren positif, yang mana yang dulunya 15 persen, sekarang mengalami peningkatan sampai 40 persen. Sementara Pajak Parkir di Bumi Keris ini berbanding terbalik dengan Pajak Hiburan, dimana Pajak Parkir mengalami penurunan hingga 10 persen.

Kondisi itu terungkap saat Rapat Kerja (Raker) Pansus Ranperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah bentukan DPRD Badung dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Penghasil dan OPD terkait lainnya, Selasa (3/10/2023).

“Dengan adanya perubahan pajak tersebut tidak mempengaruhi Pendapatan Daerah, masih stabil dan berpeluang untuk naik. Untuk pajak yang lainnya masih sama,” ujar Ketua Pansus, Nyoman Graha Wicaksana seusai memimpin rapat yang di gelar di Ruang Rapat Gosana II, DPRD Badung.

Selama kegiatan, Ketua Pansus Nyoman Graha Wicaksana turut didampingi Anggota Pansus Made Suryananda Pramana, Wayan Sandra, Made Yudana, Wayan Sugita Putra, Made Ponda Wirawan dan Yayuk Agustin Lessy.

Turut hadir, OPD Penghasil, diantaranya Plt. Kepala Bapenda Badung Ni Putu Sukarini, Utusan Dinas Pariwisata, Utusan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) dan Utusan OPD lainnya. Hadir juga Kabag Hukum Asteya Yudha serta Tim Ahli DPRD Badung.

BACA :  CPMI Diberikan Pemahaman Agar Aman dan Nyaman Bekerja di Luar Negeri

Lebih lanjut, Politisi PDIP asal Kuta ini mengatakan dalam rapat tersebut juga terdapat beberapa substansi yang dibahas.

“Ini merupakan turunan dari Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 mengenai perimbangan pendapatan dari pusat dan daerah,” katanya.

Graha Wicaksana mengakui Perda ini selesai di tahun ini. Mengingat melalui Perda ini Pemerintah Kabupaten Badung bisa menarik pajak retribusi kepada wajib pajak

“Jika tidak selesai, Badung tentu saja tidak akan boleh memungut pajak maupun retribusi,” terangnya.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -
TS Poll - Loading poll ...

Most Popular