Jumat, Juni 14, 2024
BerandaDenpasarPengamanan Pemilu Serentak, KPU Badung Kunjungi Polresta Denpasar

Pengamanan Pemilu Serentak, KPU Badung Kunjungi Polresta Denpasar

DENPASAR, balipuspanews.com – Kapolresta Denpasar Kombespol Bambang Yugo Pamungkas menyatakan kesiapannya bersama jajaran dalam rangkaian pengamanan setiap tahapan Pemilu serentak 2024 mendatang.

Hal itu ditegaskannya saat menerima kunjungan KPU Badung, pada Kamis (25/8/2022) di Lounge Polresta Denpasar.

“Kami siap melaksanakan pengamanan setiap tahapan pemilu 2024 nanti dan kami mohon maaf belum sempat untuk berkunjung ke kantor KPU Badung,” ucap Kombes Bambang.

Menurutnya, Polda Bali dan jajaran terutama Polresta Denpasar sedang melaksanakan kegiatan pengamanan rangkaian Presidential G-20.

Sehingga dalam kesempatan ini Kapolresta juga mohon dukungan dan berharap sinergitas antara penyelenggara Pemilu yakni KPU Kabupaten Badung dengan Polresta yang sudah terjalin dapat ditingkatkan dalam pengamanan tahapan Pemilu serentak tahun 2024

Menanggapi komentar Kombes Bambang, Ketua KPU Badung Wayan Semara Cipta, A.Md didampingi Komisioner Ni Luh Nesia Padma Gandi, S.H. Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, I Gusti Ketut Gede Yusa Arsana Putra Ketua Divisi Data dan Informasi dan Sekretaris I Gst. Nyoman Wiraguna.

Dijelaskannya, KPU sudah masuk dalam proses tahapan pendaftaran Partai Politik melalui aplikasi Sipol (Aplikasi mendata partai politik). Tercatat, ada 43 yang mendaftar dan 24 Parpol sudah ditetapkan oleh KPU pusat.

BACA :  Penjelasan Pemerintah soal Tapera Kurang Intensif dan Menyeluruh, Penyebab Timbulnya Polemik

“Jadi, mulai tanggal 16 Agustus hingga 26 Agustus 2022 pihaknya akan melakukan tahapan verifikasi administrasi partai politik dengan jumlah minimal keanggotaan di Kabupaten Badung 513 orang setiap partai,” terangnya.

Sementara data Sipol diturunkan ke KPU Kabupaten/Kota dan KPU akan melaksanakan verifikasi penetapannya kembali di KPU pusat dan untuk tahun ini polanya sedikit berbeda dan semua dikembalikan ke KPU RI.

“KPU Kabupaten Badung akan kelapangan melaksanakan verifikasi 15 Oktober sampai 4 Nopember 2022 dan kami mohon dari Polresta untuk memberikan pengamanan,” tambah Wayan Semara Cipta.

Pengundian nomor urut dan pengumuman parpol akan dilaksanakan pada 14 Desember 2022 yang akan disiarkan live streaming dan akan melaksanakan nonton bareng di kantor KPU Badung.

Penulis : Kontributor Denpasar 

Editor : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular