Pohon tumbang di Pura maksan Bingin Giri Ratna
Pohon tumbang di Pura maksan Bingin Giri Ratna

KARANGASEM, balipuspanews.com – Mimpi buruk yang kerap dialami oleh beberapa pengempon Pura Maksan Bingin Ratne Sari seolah menjadi firasat akan terjadinya suatu musibah.

Benar saja, hanya berselang beberapa hari, tepatnya Rabu malam (20/5/2020) sekitar pukul 18.00 wita, pohon yang berada didekat pura tiba – tiba tumbang dan menimpa sejumlah bangunan Pura yang berada di wilayah Dusun Gunaksa, Desa Ababi, Abang, Karangasem tersebut.

Anehnya, hanya berselang sehari, bagian pohon yang sama kembali tumbang dan kembali menimpa bangunan Pura. Akibatnya, hampir semua pelinggih yang ada diareal Pura alami kerusakan seperti Sanggar Agung, Gedong Sari, Gedong Pengrurah, Bale Pesamuan, Bale Gong, Candi Bentar, Pengapit Lawang dan Tembok Penyengker ditiga sisi.

“Sebelum kejadian, hampir seluruh anggota keluarga saya sempat mendapat firasat lewat mimpi buruk,” tutur Wayan Antos salah seorang pengempon pura tersebut kepada media ini pada Jumat (22/05/2020).

Menurut Wayan Antos, pohon yang roboh tersebut awalnya sempat kebakaran beberapa waktu lalu, setelah kebakaran, pohon kemudian pecah menjadi tiga sebelum akhirnya tumbang.

Terkait peristiwa tersebut, untuk tindakan selanjutnya pasti akan dilakukan suatu ritual hanya saja belum bisa dipastikan kapan akan digelar karena masih nunggu rembug bersama seluruh pengempon pura.

PENULIS : Gede Suartawan

EDITOR : Oka Suryawan