Kamis, Maret 28, 2024
BerandaNewsSeni & BudayaPenghargaan Desa Budaya 2022 Bentuk Apresiasi dan Dukungan Pemerintah bagi Warga dan...

Penghargaan Desa Budaya 2022 Bentuk Apresiasi dan Dukungan Pemerintah bagi Warga dan Pemerintah Desa yang Sukses Gerakkan Ekosistem Budaya

JAKARTA, balipuspanews.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan memberikan Penghargaan Desa Budaya 2022.  Penghargaan Desa Budaya ini merupakan bentuk apresiasi dan dukungan pemerintah bagi warga dan pemerintah desa yang telah sukses menggerakkan ekosistem budaya di desa dan mendedikasikan dirinya untuk berkontribusi dalam pemajuan budaya desa. Bertempat di Balkondes Ngargogondo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Penghargaan Desa Budaya Tahun 2022 merupakan kali kedua setelah pertama kali dilaksanakan di Jakarta pada tahun sebelumnya.

Penghargaan Desa Budaya merupakan bagian dari Program Pemajuan Kebudayaan Desa tahun 2022 yang merupakan platform kerja bersama membangun desa mandiri yang berkelanjutan melalui peningkatan ketahanan budaya dan kontribusi budaya desa. Program ini menginisiasi masyarakat dan pemerintah daerah untuk menyusun perencanaan pembangunan desa melalui pendekatan kebudayaan.

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Ditjen Kebudayaan, Kemdikbudristek, Restu Gunawan, berharap desa-desa ini dapat terus aktif dan berdedikasi dalam proses mengembangkan ekosistem budaya di desa, serta bisa menjadi sumber inspirasi dan penyemangat bagi desa-desa lainnya.

BACA :  Mulai Terkikis, Nyurat Aksara dan Berbahasa Bali Terus Digalakkan ke Generasi Muda

“Dari Desa untuk Indonesia, semoga dari desa kita bisa mengambil banyak inspirasi dan motivasi untuk terus membangun peradaban yang maju dan program ini bisa terus berkembang lebih baik di masa yang akan datang,” ujar Restu saat memberikan Penghargaan Desa Budaya 2022 pada Rabu (21/12/2022).

Disampaikannya, sebanyak 235 desa di seluruh wilayah Indonesia telah diberikan pendampingan oleh Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan sepanjang tahun 2022 melalui Program Pemajuan Kebudayaan Desa dengan melakukan tiga tahapan yaitu: Temu Kenali, Pengembangan, dan Pemanfaatan Kebudayaan.

Desa-desa yang terpilih dalam pemberian penghargaan, antara lain: Desa Burangasi
Berlokasi di Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, Desa Giritengah Berlokasi di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Desa Kemiren Berlokasi di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Desa Lalang
Berlokasi di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Desa Pringgasela Selatan Berlokasi di Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Desa-desa yang terpilih dalam pemberian penghargaan ini adalah yang telah memenuhi kriteria penilaian, yaitu:
1.Pemanfaatan Objek Pemajuan Kebudayaan, Cagar Budaya/Objek Diduga Cagar Budaya;
2.Memiliki Imaji baru kebudayaan desa (inovasi produk desa budaya pembuatan platform/pengembangan jejaring/memiliki rencana aksi).
3.Adanya keterlibatan warga (perempuan, anak-anak, dan generasi muda) pada kegiatan yang sustainable (desa mandiri)
4.Adanya pembiayaan desa dan atau penggunaan aset desa untuk pemajuan kebudayaan; adanya kerjasama antar desa/lintas komunitas/ lembaga/ CSR/pemda/kementerian lain; dan
5.Memiliki regulasi/kebijakan peraturan desa tentang pemajuan kebudayaan.

BACA :  Mulai Terkikis, Nyurat Aksara dan Berbahasa Bali Terus Digalakkan ke Generasi Muda

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, menyampaikan bahwa semangat program Pemajuan Kebudayaan Desa adalah membuka akses informasi, jaringan, dan akses pasar bagi masyarakat desa. Selain itu, program ini juga bertujuan sebagai wadah ekspresi serta membuka ruang-ruang budaya yang selama ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat desa.

“Peran aktif dan kolaborasi antara warga, perangkat desa, dan pendampingan yang dilakukan menjadi bagian penting untuk mewujudkan program-program yang berkelanjutan,” tutup Hilmar.

Penulis/editor : Ivan Iskandaria.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular