Pengumuman Gelombang V, Megawati Rekomendasikan Cakada PDIP untuk Kota Surabaya

Ket foto: Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri
Ket foto: Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri

JAKARTA, balipuspanews.com- Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan dan memberikan arahan kepada para calon kepala daerah (cakada) untuk Pilkada Serentak 2020 melalui telekonferensi.

Pengumuman cakada sekaligus pemberian rekomendasi dari PDI Perjuangan pada Gelombang V ini dijadwalkan dimulai pukul 14.00 WIB, Rabu (2/9/2020).

Pengumuman tersebut dilakukan dua hari menjelang dimulainya tahapan pendaftaran calon pasangan gubernur dan wakil gubernur dan pendaftaran pasangan calon bupati dan calon wakil bupati/calon walikota dan calon wakil walikota oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota pada 4-6 September 2020.

KPUD membuka masa pendaftaran selama tiga hari dengan ketentuan pendaftaran pada 4-5 September dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, kemudian pada 6 September 2020 dari pukul 08.00 sampai 24.00 WIB.

Pada Gelombang V ini, PDIP akan mengumukan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya Adi Sutarwijono menyatakan para calon yang mendaftar melalui PDI Perjuangan tidak diundang pada pengumuman pasangan sekaligus pemberian rekomendasi.

“Para bakal calon untuk Pilkada Surabaya tak diundang ke DPD PDI Perjuangan Jatim, kecuali pasangan untuk pilkada di luar Surabaya,” ujar Adi Sutarwijono.

Adi mengaku hingga detik-detik pengumuman ia belum mengetahui sama sekali pasangan calon yang direkomendasikan DPP PDIP. “Pengumuman akan dibuka dari amplop tertutup, langsung oleh DPP PDIP. Jadi yang mengetahui hanya ketua umum,” ucap Ketua DPRD Kota Surabaya ini.

Meski tidak ada nama pendaftar yang diundang ke kantor DPD PDIP Jatim, namun ia selaku ketua dan Baktiono sebagai sekretaris DPC PDIP Surabaya akan hadir.

Awi, panggilan akrabnya, berkeyakinan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri telah menentukan pilihan terbaik untuk Pilkada Surabaya. Ia menegaskan kader siap total, taat, dan patuh pada apapun keputusan partai.

Penulis/Editor: Hardianto