Kadissos Ida Bagus Anom buka Diklat Pemuda Tanggap Bencana angkatan I di Tegallinggah, Klungkung
Kadissos Ida Bagus Anom buka Diklat Pemuda Tanggap Bencana angkatan I di Tegallinggah, Klungkung
sewa motor matic murah dibali

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Serangkaian dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang ke-91 tahun 2019, KNPI Klungkung menggelar berbagai kegiatan kepemudaan untuk meningkatkan kesadaran Pemuda Klungkung dalam mengisi pembangunan negeri yang tercinta. Mewujudkan hal tersebut, KNPI Klungkung menggelar salah satunya Pelatihan Pemuda Tanggap Bencana (Angkatan I) pada tanggal 19-20 Oktober 2019 di Setra Tegallinggah Kel. Semarapura Kangin, Klungkung.

Kegiatan yang dibuka oleh Kadissos Klungkung Ida Bagus Anom Adnyana  mewakili Bupati Klungkung dengan ditandai penyalaan obor Diklat di Lapangan Tegallinggah, Semarapura Kangin, Klungkung Sabtu(19/10) malam.

Kadis Ida Bagus Anom mengapresiasi adanya pelatihan Tanggap bencana yang dipelopori KNPI Klungkung ini, karena bencana itu datangnya tidak diketahui. “Bencana datangnya tiba tiba karena itu Diklat Pemuda Tanggap Bencana ini bisa bersinergi dengan Komunitas Tanggap bencana Dinas Sosial Klungkung didalam penanganan bencana dimasa datang,” Ujar Gus Anom bangga.

Karena kegiatan ini pertama kali dilaksanakan jadi untuk pesertanya diikuti oleh pengurus KNPI Klungkung, yang mana bertujuan untuk melatih ketrampilan dan kecakapan Pengurus KNPI Klungkung untuk bisa tanggap terhadap bencana yang mungkin terjadi  tanpa diketahui datangnya.

Sementara itu Ketua KNPI Klungkung Anak Agung Indra Prayoga dalam laporannya menyatakan Pelatihan Pemuda Tanggap Bencana I ini diadakan untuk pertama kalinya mengikut sertakan sebanyak 21 orang Pengurus KNPI Klungkung. Dengan gelaran Diklat Tanggap bencana yang pertama ini diharafkan Pengiurus KNPI memiliki pemahaman terkiat penanganan kebencanaan jika terjadi. Adapun berbagai materi tentang penanggulangan bencana, baik itu dasar manajemen bencana, kemudian tekhnik repling sampai tekhnik rescue penyelamatan darurat dengan Narasumber pemberi Materi yang Kompeten dari  kegiatan ini langsung dari BPBD Prov. Bali dan Gouri Adventure.

“Diharapkan, setelah lulus dari pelatihan ini peserta-pesertanya bisa bersinergi dengan tim penanggulangan bencana yang sudah ada dipemerintahan maupun komunitas lainnya, serta bisa memberi solusi kepada masyarakat lainnya mengenai suatu bencana dan/atau dampak dari bencana yang timbul di wilayah sekitarnya,” ujar A.A.Indra Prayoga  yang populer dipanggil Gung Indra selaku Ketua KNPI Klungkung.

Menurutnya kegiatan Ini digelar untuk nantinya  ada pemahaman serta nilai lebih terhadap pemuda saat ini, karena dipandang wajib mengetahui dasar-dasar penanggulangan kebencanaan. “Dan nantinya jika ada kejadian atau bencana dipermukaan, pemuda tidak canggung dan bingung akan apa yang mesti dilakukan, karena dalam menanggulangi bencana bukan hanya tugas pemerintah semata,” pungkasnya.

Selanjutnya kepersetaan Diklat berikutnya akan menyasar komunitas masyarakat baik dari Seke Taruna maupun kelompok Pecinta alam yang peduli kemanusiaan serta tanggap dengan terjadinya bencana, sebutnya. (Roni/bpn/tim)