Penyebaran Covid-19 Tembus 1 Juta Pemda Diminta Tegas Disiplin Protokol Kesehatan

Data laporan harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 tentang perkembangan penanganan virus corona atau Covid-19, Selasa (26/01/2021). (Foto : Satgas Penanganan Covid-19)
Data laporan harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 tentang perkembangan penanganan virus corona atau Covid-19, Selasa (26/01/2021). (Foto : Satgas Penanganan Covid-19)

JAKARTA, balipuspanews.com – Penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menekan laju penyebaran Covid-19 sehingga jumlah orang terpapar virus corona saat ini sudah tembus dii angka 1 juta lebih.

“Untuk itu, saya harap sebaiknya pemerintah daerah menyiapkan sanksi tegas bagi pelanggar protokol kesehatan,” tegas Ketua DPD AA LaNyala Mahmud Mattalitti di Jakarta, selasa (26/01/2021).

Berdasarkan laporan harian dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 penambahan kasus orang positif terkonfirmasi terpapar virus corona hari ini sebanyak 13.094 kasus sehingga total penyebaran kasus positif Covid-19 mencapai 1.012.350 kasus sejak diumumkan Presiden Joko Widodo telah menyebar di Indonesia pada 2 Maret 2020 lalu.

Senator dari daerah pemilihan Jawa Timur itu mengaku prihatin sekaligus khawatir penyebaran yang sudah membesar ini makin cepat menjalarnya. Unuk itu, ia berharap pemerintah menyiapkan langkah yang lebih kongkrit untuk mengatasi pandemi yang semakin berlarut-larut.

“Sudah beberapa pekan PPKM dijalankan. Namun hasilnya kurang efektif. Karena jumlah kasus Covid-19 tidak mampu ditekan. Masyarakat pun seperti mengabaikan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Menurutnya, pembiaran dan abai terhadap disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) sangat mungkin semakin menambah jumlah kasus orang positif terpapar virus corona. Padahal, langkah pertama untuk memutus mata rantai itu adalah dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Jika kasus semakin meningkat, seharusnya angka-angka ini menjadi kekhawatiran kita bersama,” ujarnya.

Dengan merujuk data Satgas Penanganan Covid-19 itu, LaNyalla menilai kondisi pandemi Covid-19 saat ini sudah semakin buruk.

“Jika semua lapisan masyarakat patuh prokes, saya yakin wabah ini melandai,” pesan LaNyalla.

Penulis : Hardianto

Editor : Oka Suryawan