Penyebrangan Gilimanuk dibuka.

GILIMANUK,balipuspanews.com- Setelah beristirahat selama satu hari untuk menghormati pelaksanaan hari Raya Nyepi, Kamis (26/3), penyebrangan di Selat Bali, kembali dibuka.

Begitu dibuka pukul 06.00, kapal-kapal sandaryang berlayar dari pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan penuh muatan satu-persatu berlabuh di pelabuhan Gilimanuk.

Pantauan koran ini, pelabuhan Gilimanuk kapal pertama yang tiba di Gilimanuk yakni Kapal Motor Penumpang (KMP) Jalur Nusa lalu disusul kapal-kapal lainya. kapal yang tiba diawal ini rata-rata penuh muatan Beberapa penumpang mengaku meski ada himbauan untuk tidak bepergian mereka tetap berangkat.

“Saya harus mengirim sembako ke Denpasar,” ujar Sunarto, salah seorang sopir truk pengangkut Sembako.

Setelah kapal-kapal yang sandar diawal bongkar muatan, kapal-kapal berikutnya tisak terlalu banyak penumpang, penyebabnya diduga karena di Bali lock down pasca keluarnya himbauan agar saat ngembak Nyepi warga tetap diam dirumah.

Sementara itu penumpang yang akan menyebrang ke Jawa juga tampak sepi. Sepinya penumpang ini membuat arus laluilintas di jalan utama jurusan Denpasar-Gilimanuk juga sepi.

Hanya ada beberapa kendaraan yang melintas. General  Menager PT ASDP Indonesia Ferry Region III, Fahmi Alweni, ketika dikonfirmasi mengatakan, pengunan jasa penyebrangan atau penumpang yang biasanya padat saat pebnyebrangan dibuka setelah hari Raya Nyepi saat ini memang sepi.

Sepinya penumpang yang keluar maupun masuk Bali ini disebabkan karena masyarakat sudah mulai sadar dan mengikuti himbauan pemerintah untuk tetap dirumah atau tidak bepergian kecuali urusan penting. (nm/bpn/tim)