Jumat, Maret 29, 2024
BerandaJembranaPenyebrangan Gilimanuk Buka Tutup, Ratusan Truk Antre

Penyebrangan Gilimanuk Buka Tutup, Ratusan Truk Antre

Negara, balipuspanews.com – Ratusan truk mengantre lantaran enyebrangan lintas Jawa-Bali buka tutup pasca cuaca buruk.

“Karena penyebrangan sempat tertunda akibat cuaca buruk, maka terjadi penumpukan, lantaran kendaraan yang datang saat malam jumlahnya banyak,” kata Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry, unit pelabuhan Gilimanuk, Heru Wahono.

Ia mengatakan, memang anrean panjang kendaraan yang akan menyebrang itu dampak dari buka tutup penyebrangan akibta cuaca buruk yakni hujan dan angin kencang. Begitu terjadi penumpukan, ASDP langsung mempercepat bongkar muat kapal agar pengunan jasa tidak terlalu lama ngantre.

“Kapal yang selesai bongkar langsung muat dan setelah penuh kita berangkatkan. Namun keberangkatkan kapal-kapal itu tetap ssuai jadwal,” terangnya.

Sementara itu, hujan deras yang turun disertai angin kencang dan petir pada Rabu sore kembali membuat UPP atau syahbandar menutup sementara penyebrangan. Penutupan itu mulai dilakukan pukul 17.25 lantaran jarak pandang nahkoda kapal yang melayani penyebrangan di nselat Bali terbatas.

“Hujan deras dan angin kencang menimbulkan kabut sehingga selat Bali menjadi gelap sehingga jarak pandang atau visibilitas terbatas sehingga Syahbandar menunda penyebrangan,” ujar Heru Wahono.

BACA :  Nyalip Truk, Pemotor Meninggal Tabrak Truk

Beruntung cuaca buruk tersebvut tidak lama terjadi dan pukul 17.50 penyebrangan kembali dibuka.

“Buka tutup ini demi keselamatan pelayaran. Kami hanya mengikuti saja jika Syahbandar melalukan pola buka tutup,” imbuhnya.

Sementara itu, saat penyebrangan tutup pertama pasa Selasa pukul 12.55, antrean kendaraan yang akan menyebrang tidak terlalu banyak.setelah dibuka kembali pukul 13.55 penyebrangan Jawa – Bali kembali normal.

Kemudian saat penutupan kedua pukul 17.45 antrean kendaraan yang akan menyebrang tidak bisa dihindari didalam pelabuhan bahkan sampai keluar. Karena kendaraan semakin banyak yang datang, antrean semakin panjang. Setelah dibuka pukul 19.45 antrean tetap terjadi dan semakin malam semakin panjang.

Sekitar pukul 21.00 antrean kendaraan baik mobil pribadim bus dan truk sudah sampai depan Kantor Lurah Gilimanuk atau sekitar satu kilometer dari pelabuhan. Antrean kendaraan semakin mengular dan sekitar pukul 23.00 ekor antrean sempai di depan kantor PDAM Gilimanuk atau mendekati dua kilometer.

“Biasanya tidak ada antrean, ada apa ya?,” tanya Rahmat, salahs eorang sopir truk. Setelah dijelaskan kalau antrean terjadi karena penyebrangan sempat tutup, Rahmat yang asal Tulungagung kemudian kembali naik keatas truk yang dikemudikanya. Selain di Gilimanuk, antrean juga terjadi di jalan meenuju pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

BACA :  Belasan Travel Bodong Terjaring Operasi

Agar antrean tidak semakin mengular, ASDP mempercepat bongkar muat kapal yang melayani penyebrangan di selat Bali. akhirnya antrean panjang kendaraan di Gilimanuk habis disebrangkan Rabu (22/11) sekitar pukul 02.00.

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular