Sabtu, Februari 24, 2024
BerandaKlungkungPenyerahan Sertifikat Tanah Tahun 2023 di Bali Dipusatkan di Klungkung

Penyerahan Sertifikat Tanah Tahun 2023 di Bali Dipusatkan di Klungkung

SEMARAPURA, balipuspanews.com – Penyerahan sertifikat tanah tahun 2023 oleh Presiden Republik Indonesia dilaksanakan secara virtual dan terpusat di Istana Negara oleh Presiden Republik Indonesia. Untuk wilayah Bali, kegiatan dilaksanakan di Balai Budaya Ida I Dewa Agung Istri Kanya, Kabupaten Klungkung, Senin (4/12/2023).

Plt. Bupati Klungkung, I Made Kasta bersama anggota FORKOMPINDA Kabupaten Klungkung turut hadir dalam kegiatan yang dihadiri oleh dua ratus penerima sertifikat. Mereka diantaranya berasal dari Kabupaten Klungkung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Bangli, dan Kabupaten Karangasem masing-masing 50 orang.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meresmikan program transformasi digital Kementerian ATR/BPN yang mengubah sertifikat analog menjadi dokumen elektronik.

Plt. Bupati Klungkung, I Made Kasta mengatakan Pemkab Klungkung sangat mendukung kegiatan ini. Dukungan diberikan dalam bentuk fasilitas kegiatan penyuluhan ke desa lokasi PTSL, dengan mengikutsertakan BPKAD serta jajaran OPD terkait. Mulai dari camat, sampai ketingkat bawah seperti para kadus, kaling, hingga klian banjar.

“Mari kita bersama sama menanamkan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya legalitas aset tanah adat aset tanah yang kita miliki benar benar memiliki kepastian hukum serta dilindungi oleh undang undang,” ujarnya.

BACA :  Sudah Kumpulkan Keterangan, Bawaslu Buleleng Mengaku Masih Melakukan Analisis

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Bali, Andry Novijandri mengatakan sebanyak 95,4 persen tanah di Pulau Dewata telah terdaftar.

“Jumlah bidang tanah terdaftar di Provinsi Bali sebanyak 2.035.418 bidang atau sebesar 95,4 persen dari estimasi jumlah bidang tanah di daerah ini,” ujarnya.

Hal ini berarti hingga saat ini hanya 4,64 persen bidang tanah yang belum terdaftar, namun untuk sertifikatnya diakui baru 90,85 persen atau 1.939.237 bidang yang sudah diterbitkan.

Tahun 2023, Kanwil Kementerian ATR/BPN Bali sudah menerbitkan sertifikat hak atas tanah sebanyak 5.708 sertifikat melalui kegiatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) dengan rincian 768 bidang di Kabupaten Bangli, 4.032 Kabupaten Karangasem, 631 Kabupaten Gianyar, 237 Kabupaten Klungkung, dan 40 di Kabupaten Tabanan.

Penulis: Roni
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

spot_img

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular