Perahu Sempat Terbalik, Belasan Nelayan Akhirnya Ditemukan Selamat

Tim Basarnas saat melakukan proses evakuasi terhadap belasan nelayan di perairan Kubutambahan
Tim Basarnas saat melakukan proses evakuasi terhadap belasan nelayan di perairan Kubutambahan

BULELENG, balipuspanews.com – Sebanyak 12 nelayan asal Banjar Dinas Kajekangin, Desa/Kecamatan Kubutambahan dilaporkan mengalami kecelakaan laut akibat arus dan ombak besar sehingga sempat membuat perahu yang dinaiki terbalik, pada Jumat (1/7/2022).

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun pemilik perahu itu berinisial Ketut Mertayasa,55, dimana 12 orang nelayan yang ada di dalam perahu merupakan anak buahnya.

Mereka diketahui berangkat sekitar pukul 02.00 WITA dengan tujuan mencari ikan di rumpon (rumah ikan), akan tetapi sekitar pukul 05.00 WITA sebelum sampai tujuan tiba-tiba ombak besar datang menghantam hingga perahu mereka terbalik.

Beruntung disaat bersamaan kejadian itu diketahui oleh group nelayan lainnya lewat isyarat lampu senter tanda bahaya. Akhirnya selang beberapa saat usai dibantu mereka berhasil mengabarkan peristiwa itu kepada Mertayasa.

Baca Juga :  Tiga Desa Ini Masuk Daftar Khusus Pembinaan Menjaga Kesehatan Gigi

Mendapati informasi itu Ketut Mertayasa langsung menghubungi Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng. Lalu setelah berkomunikasi ke Basarnas Buleleng, tidak berselang lama petugas langsung meluncur mendatangi wilayah perairan Kubutambahan untuk melakukan pencarian.

“Benar kejadiannya dini hari, dugaan perahu bisa terbalik katirnya patah akibat hantaman ombak. Poses evakuasi telah dilakukan bersama Basarnas dan sejumlah nelayan disekitar,” ungkap Kasatpolairud Polres Buleleng AKP Wayan Parta saat dikonfirmasi, Jumat (1/7/2022).

Beruntung hingga laporan terakhir sekitar pukul 17.00 WITA ke-12 nelayan itu yakni I Gede Seriasa, Made Budarane, Ngakan Nyoman Widi, Gede Budarana, Gede Tumpa Yana, Nyoman Sukada, Made Widiasa, Gede Sumenasa, Gede Sumadana, Komang Arta Wirawan, Pengakan Putu Redita, dan Ngakan Putu Baruada berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

Baca Juga :  Kirab Merah Putih MBPS, Wagub: Dulu Melawan Penjajah, Kini Kemiskinan

“Seluruh nelayan sudah ditemukan dalam keadaan selamat oleh tim gabungan meski pada saat proses evakuasi sedikit terkendala karena angin kencang dan ketinggian ombak sekitar 1-1,5 meter,” imbuh AKP Parta.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan