Perahu Terbalik, Dua Nelayan di Desa Les Ditemukan Selamat

Perahu kedua nelayan dari Desa Les yang sudah berhasil dievakuasi dengan selamat
Perahu kedua nelayan dari Desa Les yang sudah berhasil dievakuasi dengan selamat

BULELENG, balipuspanews.com – Gede Marga Dana,28, asal Dusun Tegallinggah dan I Gede Sumawas,53, asal Dusun Penyumbahan, Desa Les, Kecamatan Tejakula yang sebelumnya sempat dikabarkan hilang saat mencari ikan di Wilayah Laut Desa Les akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat, pada Kamis (6/10/2022) sekitar pukul 21.50 WITA.

Keduanya ditemukan sedang berada diatas perahu (jukung) miliknya yang sudah dalam posisi terbalik karena dihantam gelombang saat sedang mencari ikan di dekat rumpon (rumah ikan) yang berada di tengah laut.

Ditemukannya kedua nelayan dalam kondisi selamat itu dibenarkan langsung oleh Kasat Polairud Polres Buleleng AKP Nyoman Adika saat dikonfirmasi, Jumat (7/10/2022).

Dimana sebelumnya pada Kamis kemarin sekitar pukul 14.30 WITA dirinya menerima laporan bahwa ada dua orang warga yang hilang saat mencari ikan di Wilayah laut Desa Les. Kemudian berdasarkan SOP atau aturan yang ada mengingat waktu untuk melakukan pencarian tidak memungkinkan maka pihaknya mencoba berkoordinasi dengan Basarnas.

Baca Juga :  Festival Relawan Nasional, Gubernur Koster Apresiasi Kehadirannya saat Penanganan Bencana

“Kita belum ada melakukan pencarian sebab berdasarkan SOP setelah menerima laporan baru kita berkoordinasi dengan pihak Basarnas. Karena belum memungkinkan untuk dilakukan pencarian, maka rencana pagi ini turun namun keduanya sudah ditemukan jadi kita tidak lagi melakukan pencarian,” ujarnya.

AKP Adika menyebutkan dugaan sempat hilangnya kedua nelayan lantaran jukung yang dipakai untuk mencari ikan di rumpon dihantam gelombang hingga membuat jukung terbalik dan kedua nelayan tersebut jatuh ke laut.

Namun beruntung mereka berhasil meraih jukungnya dan langsung berada diatas jukung terbalik sambil menunggu pertolongan. Akhirnya sekitar pukul 21.50 WITA kelompok nelayan yang sudah menyisir sejak mendapatkan informasi hilangnya korban berhasil menemukan mereka dalam kondisi selamat diatas jukungnya.

Baca Juga :  Kecelakaan Tunggal, Pria asal Jember Tewas

“Sebelum dikabarkan hilang, pada Kamis pagi sekitar pukul 05.00 WITA keduanya ada yang melihat masih memancing ikan namun saat sudah menjelang siang dan akan balik ke daratan jukung mereka dihantam gelombang hingga terbalik,” ungkap AKP Adika.

Kini terhadap kedua nelayan dan jukung yang dipakai untuk mencari ikan sudah dilakukan evakuasi oleh nelayan sekitar. AKP Nyoman Adika pun mengimbau agar para nelayan tetap waspada sebelum melaut.

Apalagi akhir-akhir ini cuaca sudah mulai memasuki musim hujan sehingga Nelayan diminta tetap memeriksa sarana dan prasarana yang akan dipakai melaut termasuk pengaman berupa pelampung demi keselamatan mereka.

“Mengingat kondisi cuaca yang memasuki musim hujan kita tetap memohon ketika melaut agar sarana dan prasarana termasuk pelampung selalu di selipkan untuk keselamatan ketika terjadi sesuatu di laut,” pungkasnya.

Baca Juga :  Libas Persita 3-2, Bali United Semakin Garang di Luar Kandang

Penulis : Nyoman Darma

Editor : Oka Suryawan