Peran Inspektorat Dalam Keuangan dan Pembangunan, Wabup : Harus Lebih Optimal

Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra
Wakil Bupati Buleleng I Nyoman Sutjidra

BULELENG, balipuspanews.com – Peran inspektorat dalam pengawasan keuangan dan pembangunan daerah diharapkan lebih optimal oleh Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra. Sebab hal itu diharapkan agar bisa membantu mewujudkan pemulihan pariwisata menuju kebangkitan ekonomi Bali.

Sutjidra menjelaskan Inspektorat memiliki kewenangan melaksanakan pengawasan keuangan dan pembangunan di daerah masing -masing. Untuk mampu mengerjakan wewenang dengan lebih optimal, perlu di dukung dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang lebih siap.

“Ke depan, diharapkan agar peran Inspektorat dapat dijalankan dengan baik oleh masing-masing daerah,” jelasnya, Selasa (25/5/2021).

Sehingga fungsi ataupun peran dari Inspektorat terkait koordinasi, supervisi, pencegahan, dan pengawasan, dalam bidang pembangunan dan keuangan dapat dilaksanakan dengan maksimal. Bahkan nantinya untuk SDM yang perlu ditingkatkan untuk melakukan pendampingan. Sehingga masing-masing Inspektur diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Serta pengawasan di bidang keuangan selalu dijalankan.

Baca Juga :  Terdakwa Kasus Korupsi LPD Anturan Jalani Sidang Perdana

“Selanjutnya, menghadapi perubahan status atau eselonisasi, Inspektur diharap mampu menunjukkan peran sentral dalam bidang ekonomi dan pembangunan di daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, Inspektur Buleleng Putu Karuna yang ditemui di tempat berbeda menerangkan bahwasannya Inspektorat adalah salah satu lembaga (non pemeriksa) yang mengupayakan agar Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dapat mencapai tujuan dengan lebih tepat dan cepat.

Inspektorat memberikan jaminan dan konsultasi kepada rekan-rekan OPD untuk mencapai tujuannya. Mulai dari review perencanaan, pelaksanaan diawasi.

“Selanjutnya kita evaluasi bagaimana perkembangan dari program-program yang dilaksanakan,” terangnya.

Secara bersamaan di tempat yang berbeda juga, Bupati Buleleng yang didampingi Ketua DPRD Buleleng menerima hasil pemeriksaan terkait pengelolaan keuangan pemerintah daerah.

Baca Juga :  Tugas Malam, Satpam PDAM Badung Ditemukan Gantung Diri

Pemkab Buleleng kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan hal tersebut merupakan penghargaan yang ketujuh kalinya diraih secara berturut-turut.

“Ini artinya bahwa teman-teman ASN dari tingkat bawah sampai ke pucuk pimpinan dalam hal ini Pak Bupati sudah bekerja sesuai dengan standar-standar yang ditetapkan, mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi sudah melakukan tahapan-tahapan yang sesuai dengan ketentuan untuk mencapai tujuan,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan