Perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak di Buleleng Umat Tetap Diminta Ikuti Prokes

Ketua Wadah Antar Lembaga Umat Budha Indonesia (Walubi) Buleleng, Wiharta Harijana
Ketua Wadah Antar Lembaga Umat Budha Indonesia (Walubi) Buleleng, Wiharta Harijana

BULELENG, balipuspanews.com – Menjelang perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2565 BE tahun 2021 di Kabupaten Buleleng yang jatuh pada Rabu (26/5/2021) akan dilakukan seperti perayaan tahun lalu yakni secara sederhana dan mengedepankan protokol kesehatan (prokes) ditengah situasi pandemi Covid-19.

Ketua Wadah Antar Lembaga Umat Budha Indonesia (Walubi) Buleleng, Wiharta Harijana menyampaikan meski digelar sederhana ditengah situasi pandemi perayaan Waisak kali ini tetap tidak mengurangi makna perayaan suci seperti yang dilakukan sebelum-sebelumnya.

Sehingga apa yang dilakukan terkait protokol kesehatan tentu tidak lain untuk keselamatan dan kesehatan kita semua, maka dengan begitu prokes ketat untuk mencegah adanya klaster baru tetap dilakukan.

Selain itu Ia tidak lupa mengingatkan kapada seluruh Umat Budha, khususnya yang ada di Buleleng agar nantinya merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak cukup di kediaman masing-masing. Apalagi pengurus Walubi pusat dan masing-masing Vihara telah menyediakan layanan zoom untuk dapat memperingati detik-detik Waisak, pada Rabu (26/5/2021) yang berlangsung sekitar pukul 19.13 WITA.

“Umat Budha sebenarnya sangat menantikan detik-detik Waisak ini. Namun suasana Covid-19 maka disiarkan melalui zoom. Kalau ada umat punya keyakinan sembahyang di Vihara, bisa daftar tapi dengan protokol kesehatan dan tidak ada keramaian,” pintanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (25/5/2021).

Tak hanya itu baginya terpenting dalam perayaan tahun ini tidak ada kegiatan dipusatkan. Sebab semua itu untuk menghindari keramaian sesuai dengan prokes. Untuk itu melalui perayaan hari raya Tri Suci Waisak pada tahun ini, diharapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada.

“Meski ditengah situasi sekarang ini, saya harapkan masyarakat agar tetap bersyukur. Tetap beraktivitas dengan prokes. Saya yakin, cobaan (pandemi Covid-19) ini akan segera berakhir, dan masyarakat kembali bisa beraktivitas dengan normal,” tutupnya.

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan

Redaksi | Pasang Iklan | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik | Privacy Policy | Copyright | About Us
Member of
Exit mobile version