Jumat, Maret 29, 2024
BerandaDenpasarPercepat Pemutusan Covid-19, Putri Koster Terus Gaungkan Penerapan Prokes 3 M

Percepat Pemutusan Covid-19, Putri Koster Terus Gaungkan Penerapan Prokes 3 M

DENPASAR, balipuspanews.com – Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster terus berupaya menggaungkan terkait penerapan protokol kesehatan 3M, menggunakan masker, mencuci tangan pada air mengalir, dan menjaga jarak mengingat kondisi di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikannya saat menjadi pembicara dalam acara Perempuan Bali Bicara dengan topik Tanggap Covid-19, Ingat Pesan Ibu 3 M di Studio Bali TV, Denpasar, Jumat (27/11/2020).

Ny. Putri Koster mengajak seluruh masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Semua aktivitas dan kegiatan dapat berjalan dengan normal apabila semua mau mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 3 M.

Dengan demikian, kecemasan dalam masyarakat akan dapat ditekan semaksimal mungkin, karena Virus Corona yang tidak kasat oleh mata ini sangat cepat menular di tengah lingkungan terdekat (terutama yang memiliki penyakit bawaan, dan juga mereka yang tidak menerapkan 3M).

Ny. Putri Koster menyampaikan bahwasannya pandemi Covid-19 telah mengubah banyak segmen dalam kehidupan manusia. Pandemi telah membawa banyak perubahan perilaku pada kehidupan sehari-hari masyarakat. Namun pihaknya mengajak masyarakat harus tetap semangat dan bisa mengambil hikmah dari pandemi yang sedang terjadi.

BACA :  Pemkab Klungkung Ngaturang Bakti Pengayar di Pura Agung Besakih

“Mungkin alam mengajak kita jeda sejenak memikirkan apa yang sudah kita lakukan selama ini terhadap semesta, semoga saat ini menjadikan kita tahu bahwa alam membutuhkan perhatian kita sebagai manusia untuk kembali saling menghormati keberadaan mereka sebagai habitat alam yang saat ini mungkin juga sudah merasa terusik dengan tangan tangan yang kurang konsisten menjaga kebersihan udara,” tuturnya.

Konsep Tri Hita Karana, lanjut Putri Koster, dalam diri manusia perlu ditumbuhkan sehingga antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam, serta manusia dengan manusia yang lainnya dapat hidup secara harmonis dan seimbang.

Dalam dialognya, wanita pendamping orang nomor satu di Bali ini juga memaparkan bahwa masa pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir sembilan bulan telah meluluhlantakkan perekonomian masyarakat Bali yang sebagian besar mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata.

Kondisi ini mengharuskan semua pihak beralih haluan dalam memenuhi kebutuhan dapur, baik dengan inovasi dengan ide-ide dan bakat baru.

Salah satunya adalah memanfaatkan halaman rumah menjadi HATINYA PKK yakni halaman/taman asri, tenteram, indah, dan nyaman yang bermanfaat dan menghasilkan bahan makanan pokok sehari-hari, seperti sayur, cabai, terong, tomat, dan lainnya.

BACA :  Ribuan Pengunjung Padati Pembukaan Semarak Buleleng Berbangga, Pj Bupati Ajak Masyarakat Cintai Buleleng Seutuhnya

“Dengan begitu kita dapat mengembalikan pada fungsinya, yakni memenuhi kebutuhan dasar dalam pemenuhan pangan,” ungkapnya.

Ny. Putri Koster yang didampingi oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali I Made Rentin juga mengingatkan ‘Pesan Ibu 3M’, yaitu memakai masker kapanpun dan di manapun berada, mencuci tangan setiap saat dengan menggunakan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dengan orang lain.

Selain 3M, istri orang nomor satu di Bali ini juga mengajak masyarakat menerapkan yaitu ‘Berdoa’ sebelum melaksanakan aktivitas, kemudian ‘Berupaya’ untuk beraktivitas dan berkreativitas karena ibu-ibu itu banyak memiliki inovasi, serta jangan lupa untuk ‘Bersyukur’ di mana kita selalu pandai mengambil hikmah di setiap musibah.

PENULIS : Tim Liputan Covid

EDITOR : Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular