Mensos RI, Juliari P. Batubara
Mensos RI, Juliari P. Batubara

JAKARTA, balipuspanews.com – Pelaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Sembako secara serentak pada tanggal yang sama dapat mempercepat pelaksanaan penyaluran Program Sembako tahun 2020.

“Sosialisasi ini merupakan langkah awal terhadap pelaksanaan program Sembako, agar tercipta kesepahaman dan persepsi serta gerak langkah yang sama dalam pelaksanaan,” kata Mensos Juliari P. Batubara pada acara Sosialisasi Program Sembako Tahun 2020 di Jakarta, Rabu (22/1).

Lebih lanjut Mensos menyampaikan kabar keberhasilan di awal Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Amin Ma’ruf, yaitu tingkat kemiskinan berdasarkan Survei BPS kembali menurun ke angka 9,22 persen di bulan September 2019 dari sebelumnya 9,41 persen di bulan Maret 2019.

“Jika dilihat dari jumlah maka sudah sekitar 360 ribu orang keluar dari jerat kemiskinan dari Maret 2019 ke September 2019. Program Bantuan Pangan Sosial memberikan andil yang besar dalam penurunan kemiskinan ini,” ungkap Mensos.

Dijelaskannya, garis kemiskinan terbesar dipengaruhi oleh Garis Kemiskinan Makanan, pada Maret 2018 komoditas beras menduduki peringkat pertama sebagai komoditas paling berpengaruh terhadap kemiskinan yaitu 20,95 persen di perkotaan dan 26,79 persen di perdesaan, begitupun dengan telur di peringkat ke-3 dengan sumbangan 4,09 persen di perkotaan dan 3,28 persen di perdesaan.

Sedangkan Bantuan Sosial Pangan adalah Rastra dan BPNT dengan sasaran 25 persen penduduk kesejahteraan terendah, areanya termasuk 10 persen penduduk yang masih terjerat kemiskinan dalam Survei BPS, dengan komoditas bantuan berupa beras pada Rastra, beras dan telur pada BPNT.

Menurut Mensos, hal ini sejalan dengan survei MicroSave tentang Evaluasi Operasional BPNT Tahun 2018 yang menyatakan bahwa BPNT berkontribusi hingga 29 persen dari total pengeluran rumah tangga KPM, atau juga membantu hingga 14 hari kebutuhan pangan KPM dalam sebulan.

Sedangkan Rastra dalam Survei Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (BP3KS) tentang Evaluasi Bansos Pangan 2018, Rastra mampu memenuhi 34 persen kebutuhan pangan KPM.

“Kita mengetahui betapa pentingnya program bantuan sosial pangan dalam penurunan angka kemiskinan. Transformasi BPNT menjadi Program Sembako di tahun 2020 ini diharapkan memberikan dampak yang lebih dalam penurunan angka kemiskinan. (Ivan/BPN/Tim).