Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBadungPercepatan Pertumbuhan Ekonomi, DPRD Badung Minta OPD Tancap Gas Realisasikan Program yang...

Percepatan Pertumbuhan Ekonomi, DPRD Badung Minta OPD Tancap Gas Realisasikan Program yang Telah Ditetapkan

BADUNG, balipuspanews.com – Percepatan pertumbuhan ekonomi menjadi perhatian legislatif. Untuk itu, OPD di kabupaten Badung diminta tancap gas untuk mengimplementasikan program yang telah ditetapkan dalam APBD 2023.

Penekanan itu disampaikan Ketua DPRD Badung I Putu Parwata saat Rapat Kerja (Raker) dengan 4 OPD di Ruang Rapat Pimpinan Kantor DPRD Kabupaten Badung, Selasa (24/1/2023).

Menurut Parwata, dengan pelaksanaan program yang telah ditetapkan hal ini akan
memberikan kontribusi yang positif sebagai upaya percepatan pertumbuhan ekonomi, menjaga inflasi serta mendorong kebahagiaan dan kepuasan masyarakat, dalam pelayanannya. Sehingga bisa memberikan manfaat untuk mempercepat proses eksekusi APBD.

Adapun 4 OPD yang hadir dalam Raker tersebut masing-masing Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur Rumah Sakit Daerah (RSUD) Mangusada dan Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah, yang mengajak Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Badung.

“Hari ini kita melakukan Rapat Koordinasi dengan Dinas Kesehatan, RSUD Mangusada Kapal dan Tim TPID serta Dinas Penanaman Modal dan Perijinan,” terangnya.

BACA :  Tinjau Pelatihan Slipper Hotel di Karangasem, Mensos Risma Siap Bantu Pemasaran

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan DPRD Badung merupakan bagian dari pemerintah dan bersama-sama dengan seluruh OPD. Untuk itu, terus dilakukan koordinasi, terutama dengan APBD yang telah ditetapkan.

“Kita mengejawantahkan Visi dan Misi Bupati Badung, bagaimana kita memberikan layanan yang maksimal dan memberikan kebahagiaan kepada masyarakat, tentunya masing-masing Dinas memiliki peran masing-masing,” ujarnya.

Politisi asal Desa Dalung ini berharap agar pihak rumah sakit melakukan pengembangan dalam rangka pelayanan mutu dan kualitas pelayanan.

Melalui pengembangan itu, lanjutnya agar segera dilakukan eksekusi terhadap Rumah Sakit di Petang dan Rumah Sakit di Abiansemal serta masing-masing puskesmas dengan 17 puskesmas, yang diharapkan mampu memberikan pengampu layanan di tiap-tiap kecamatan.

“Hal ini yang kita dorong, kemudian, Belanja Modal tentang peralatan dan kebutuhan obat itu segera dieksekusi, karena hal tersebut merupakan perintah Presiden, agar APBD yang sudah ditetapkan, agar segera dilakukan eksekusi,” tuturnya.

Putu Parwata menyatakan akan mendorong Kartu Badung Sehat (KBS), dimana nantinya bisa dinikmati dan dirasakan kebahagiaan oleh masyarakat, dalam pelayanan kesehatan.

BACA :  Pasca Penangkapan 3 Ons Sabu, Blok WBP Digeledah

“Ini kami dorong menjadi Rumah Sakit, dimulai dari puskesmas ditingkatkan menjadi rumah sakit tipe D. Demikian juga, Abiansemal, dari Puskesmas kita tingkatkan menjadi rumah sakit tipe D. Itu dulu, nanti baru dia dari tipe D ke C, lalu C ke B dan B ke A. Ini kita tingkatkan pelayanannya,” paparnya.

Kemudian, sesuai harapan Presiden Joko Widodo, kata Parwata agar tidak terjadi inflasi, maka Tim TPID diminta supaya turun ke lapangan, untuk memantau harga-harga pokok kebutuhan masyarakat, agar bahan-bahan pokok tersebut tidak mengalami kenaikan harga.

“Saya minta Tim TPID ini dibawah komando wakil bupati Badung sudah turun ke lapangan sebagai Ketua TPID dan Pak Sekda agar turun ke lapangan. Jangan di kantor, tetapi pantau day to day perkembangannya, sehingga harap Presiden, jangan sampai terjadi lonjakan-lonjakan harga yang tidak jelas. Kami harapkan Tim TPID turun ke lapangan,” ungkapnya.

Dengan itu, kata Parwata investasi-investasi harus tetap terjaga dan perekonomian Badung harus terus bertumbuh. Dengan demikian, seperti disampaikan Dinas Penanaman Modal dan Perijinan, bahwa Badung sudah mampu melampaui target investasi, hampir Rp 5,4 triliun sudah dicapai tahun 2022.

BACA :  Tingkatkan Pemahaman Pengelolaan Dana BOS Disdikpora Badung Gelar Sosialisasi Bagi Satuan Pendidikan Jenjang SMP

“Semoga hal ini bisa berjalan dan sistem pelayanan perijinan sudah berjalan dengan baik,” kata Putu Parwata.

Penulis: Kadek Adnyana
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular