Peresmian sekretariat Dalem
Peresmian sekretariat Dalem
sewa motor matic murah dibali

SUKAWATI, balipuspanews.com – Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung kembali melaksanakan konsolidasi melalui peresmian sekretariat di tingkat kecamatan. Sukawati merupakan kecamatan pertama di provinsi Bali yang mendirikan sekretariat Manca Agung.

Dr.Drs.Dewa Nyoman Oka,M.Pd didampingi oleh I Dewa Putu Banjar selaku Penglingsir Ageng meresmikan sekretariat Manca Agung Kecamatan Sukawati dengan pemukulan gong sebanyak lima kali, dilanjutkan dengan pelepasan tirai dan pelepasan balon ke udara. Pada saat peresmian Dewa Oka selaku Pengageng Ageng kembali menekankan bahwa Manca Agung harus mengingat dan mengimplementasikan Spirit Bhisama Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung.

“Kita harus bisa melaksanakan Spirit Bhisama yang intinya memuat 3 hal yaitu yang Pertama Jangan pernah lupa bersembahyang pada linggih Ida Dhalem Wawu Rauh atau Ida Dhalem Shri Aji Kresna Kepakisan di Pura Dalem Samprangan dan Pura Besakih, kemudian yang kedua Semeton agar selalu belajar dan mengisi diri agar menjadi cerdas, dan yang ketiga yaitu Jangan pernah lupa pada pasemetonan, saling mengakui dan menjaga pasemetonan,” jelasnya.

Selesai peresmian dilanjutkan dengan acara rapat bulanan laporan keuangan dan kegiatan Manca Agung selama bulan Mei 2019. Acara yang dipandu Ir.I Dewa Putu Raka Wirata berjalan dengan lancar dan penuh kekeluargaan. Diawali dengan laporan ketua Yowana Manca Agung I Dewa Nyoman Alit Swastika dilanjutkan laporan keuangan yang disampaikan Pengraksa Ageng I Dewa Made Parwita,SP.

I Dewa Putu Gede Suarjaya,S.H. selaku ketua panitia menyampaikan perkembangan kegiatan sampai dengan Mei 2019. Peresmian Sekretariat Manca Agung di 57 Kecamatan akan terus dilaksanakan.

“Kita akan dirikan sekretariat kecamatan di seluruh Bali, sehingga koordinasi dan konsolidasi dapat ditingkatkan”.Pada kesempatan itu, diingatkan juga tentang pembuatan buku seri 2, sehingga diharapkan pasemetonan lebih intens dalam memberikan data untuk bahan penulisan buku tersebut.

Pada sesi terakhir dilaksanakan Tanya jawab. Beberapa semeton bertanya dan memberikan masukan agar manca Agung dapat menjadi organisasi yang dapat melindungi dan mensejahterakan pasemetonan pada khususnya dan masyarakat bali pada umumnya.

Organisasi pasemetonan keturunan dari Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung, Raja Bali III yang beristana di Samprangan Gianyar ini merupakan organisasi di bawah Kertha Semaya Trah Dhalem. Selain organisasi Manca Agung trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung , ada juga organisasi keturunan Ida I Dewa Tarukan yang tergabung dalam Para Gotra Sentana Dalem Tarukan.

Disamping beberapa organisasi keturunan dari Ida Dhalem Shri Smara Kepakisan.Keberadaan organisasi pasemetonan Manca Agung Trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung sudah ada dan eksis sejak jaman keemasan Bali abad ke 14 pada tahun 1460. Secara de jure resmi tercatat pada tanggal 19 januari 2018 di depan linggih Ida Dhalem Shri Aji Kresna Kepakisan di pura Dalem Samprangan, Gianyar,Bali.

Peresmian sekretariat turut disaksikan oleh Bendesa Adat Tengkulak, Kelian Adat Tengkulak Tengah serta Kelian Dinas Tengkulak Tengah. Pada saat bersamaan diserahkan buku seri I Manca Agung Lima Putra Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung Dinasti Ida Dhalem Shri Aji Kresna Kepakisan di Bali kepada Bendesa Adat Tengkulak yang diserahkan secara langsung oleh Dewa nyoman Oka dan disaksikan oleh pasemetonan Manca Agung trah Ida Dhalem Shri Aji Tegal Besung.(rls/bpn/tim)

TINGGALKAN PESAN

Please enter your comment!
Please enter your name here