Kegiatan penanaman pohon di Desa Jasri, Karangasem
Advertisement
download aplikasi Balipuspanews di google Playstore

Karangasem, balipuspanews.com – Peringatan Hari Air Sedunia ke- XXVI yang jatuh pada Kamis (22/3), serentak dilaksanakan di 34 provinsi se-Indonesia dengan mengangkat tema “Lestarikan Alam untuk Air”.

Khusus di Provinsi Bali, lokasi peringatan sendiri dilakukan di Desa Jasri, Karangasem dengan diisi serangkaian kegiatan. Salah satunya penanaman 1.700 bibit berbagai jenis pohon.

“Terpilihnya Desa Jasri sebagai lokasi peringatan tidak lepas dari predikatnya sebagai penyandang desa wisata terbaik nasional. Sehingga sangat potensial jika kami menggelar kegiatan seperti ini di Desa Jasri,” kata Ketua Panitia Pelaksana, I Ketut Jayada saat membacakan laporan kegiatan tersebut.

Pihaknya juga berharap kepada masyarakat Jasri, untuk bersama-sama ikut merawat dan menjaga alam dilingkungan sekitar. Untuk menciptakan lingkungan yang lebih asri dan hijau.

Seluruh kegiatan dipusatkan di wilayah Bukit Kayon Desa Pakraman Jasri, Karangasem. Hadir pula Sekda Kabupaten Karangasem, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Prov Bali, OPD Terkait beserta Pegawai dan Staf Balai Wilayah Sungai Bali Penida yang dimotori langsung oleh Kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Bali Penida.

Acara peringatan dibuka langsung oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri. Dalam sambutannya, Bupati menegaskan, melalui tagline karangasem “The Spirit of Bali”, dimaknai juga sebagai simbol yang mencangkup keharmonisan atara manusia dengan lingkungan untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan agar tetap lestari dan selalu harmonis.

“Saya selaku Pemerintah Kabupaten Karangasem mengucapkan terima kasih kepada Balai Wilayah Sungai Bali Penida, yang dengan semangat menyelenggarakan kegiatan ini di Kabupaten Karangasem. Saya mengharapkan kegiatan ini yang diikuti juga oleh masyarakat Desa Pakraman Jasri agar besungguh-sungguh, bergotong royong dan selalu ikut berpartisipasi untuk menjaga alam yang ada di sekitar kita. Tujuannya agar keharmonisan dengan alam selalu terjalin dan alam bersahabat dengan kita,” kata Bupati Karangasem.

Adapun jenis pohon yang ditanam di antaranya, pohon kelapa genjah dan pohon ketapang. Nantinya bibit bibit pohon tersebut akan ditanam di pinggir pinggir-pantai maupun di sepanjang jalan menuju pantai.

Selain kegiatan menanam pohon, dalam acara peringatan tersebut juga dilakukan kegiatan bersih bersih pantai dan donor darah yang diikuti oleh para kontraktor dan staf atau pegawai dari Balai Wilayah Sungai Bali Penida. (bp)

Tinggalkan Komentar...