Kamis, Maret 28, 2024
BerandaAdvertorialPeringatan Hari kelahiran Pancasila di Kabupaten Gianyar, "Pancasila Adalah Rumah Kita Semua"

Peringatan Hari kelahiran Pancasila di Kabupaten Gianyar, “Pancasila Adalah Rumah Kita Semua”

GIANYAR, balipuspanews.com -Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus konsisten merealisasi Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

Hal ini ditegaskan oleh Sekdakab. Gianyar Made Wisnu Wijaya selaku Inspektur Upacara, saat membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) pada apel peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, di Lapangan Astina Gianyar, Sabtu (1/6).

Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman, yang dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah slogan Bhinneka Tunggal Ika. Bahkan dalam sambutan BPIP juga tertera bahwa sesuai dengan harapan pesan dari Presiden RI Joko Widodo dikatakan, memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila merupakan suatu keniscayaan. Kita berusaha mengenang dan merefleksi momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu sebagai satu bangsa.

BACA :  Bappeda Gianyar Gelar Musrenbang RPJPD dan RKPD Tahun 2025

Sebagai negara yang inklusif dan tidak chauvinis diperlukan pengelolaan unit kultural dan unit politik secara dialektis. Maksudnya adalah keberaga,an yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membanguna “Tamansari Kebudayaan” yang memungkinkan semua mahluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat. Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua.

Sekda Made Wisnu Wijaya juga membacakan, bahwa untuk mencapai itu semua diperlukan kesadaraan dan pemahaman untuk saling menghormati, saling bekerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Kondisi demikian dapat berkembang melalui budaya politik kewargaan yang demokratis. Budaya politik yang dapat menumbuhkan dan merawat haarapan bukan politik yang menimbulkan ketakutan. Kita Indonesia, kita Pancasila adalak sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil daan makmur.

Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila, kita dapat membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “Leitstars dinamis” bintang penuntun mengandung visi dan misi negara memberikan orientasi arah perjuangan dan Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia.

BACA :  Tri Rismaharini Apresiasi Ajik Krisna yang Bantu Kemensos Atasi Kemiskinan

Hadir dalam apel Peringatan harri kelahiran Pancasila di Kabupaten Gianyar dari Unsur TNI, Polri, Kejaksaan Negeri Gianyar, kepala OPD di Lingkungan Pemkab. Gianyar, DPRD Gianyar dan beberapa tokoh masyarakat dan anggota veteran Kab. Gianyar. (rls/bpn/tim)

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -
- Advertisment -

Most Popular