Jumat, Juli 26, 2024
BerandaJembranaPeringatan HUT ke-78 RI, Kelompok Pariwisata Apel di Tanah Timbul

Peringatan HUT ke-78 RI, Kelompok Pariwisata Apel di Tanah Timbul

JEMBRANA, balipuspanews.com– Nelayan yang tergabung dalam Kelompok Pariwisata Teluk Gilimanuk punya cara sendiri untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke 78, Kamis (17/8/2023). Jika yang lain melaksanakan upacara bendera di lapangan, mereka memilih melaksanakan diatas tanah timbul yang ada di tengah Teluk Gilimanuk.

Untuk menuju ke lokasi tanah timbul itu mereka berangkat dari pinggir teluk dengan mengunakan perahu. Selain anggota kelompok pariwisata juga ikut bergabung anggota TNI AL dan TNI AD.

Lantaran air sedang pasang maka mereka harus rela berendam di air laut dengan ketinggian selutut. Selain harus berendam mereka juga harus rela diguyur hujan. Namun demikian mereka tetap semangat melaksanakan rangkaian upacara bendera yang dilaksanakan berjalan lancar hingga selesai.

Soni Budi Kusuma selaku Ketua kelompok Pariwisata Teluk Gilimanuk, usai upacara bendera mengatakan, tahun lalu mereka juga melaksakanan upacara bendera di tempat yang sama. Namun saat itu air laut sedang surut sehingga mereka bisa melaksanakan diatas tanah timbul tanpa harus berendam dan bisa melaksanakan semua prosesi dengan baik.

BACA :  Efektif Kurangi Volume Sampah, Mesin Pengolahan Sampah Menjadi RDF di TPA Peh Segera Ditingkatkan 

“Namun sekarang air pasang dan kita harus berendam. Namun tidak masalah,”ujarnya.

Ide menggelar upacara bendera memperingati hari kemerdekaan RI ditengah Teluk Gilimanuk itu adalah ide spontan dari anggotanya.

“Kita laksanakan dengan sesederhana mungkin walaupun kita laksanakan dengan sangat sederhana namun tidak mengurangi kesakralan saat kita kibarkan sang Merah Putih tersebut,” ungkapnya.

Penulis: Anom
Editor: Oka Suryawan

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular