Jumat, Juli 19, 2024
BerandaBulelengPeringatan WRD, Vaksinasi Rabies di Buleleng lebihi Target

Peringatan WRD, Vaksinasi Rabies di Buleleng lebihi Target

BULELENG, balipuspanews.com – Antusiasme masyarakat Buleleng dalam mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng memberantas Rabies terlihat tinggi pada peringatan World Rabies Day (WRD) 2023 yang dilaksanakan di Taman Kota Singaraja, Sabtu, (7/10/2023). Pasalnya, dari target 100 dosis vaksin yang diberikan hari ini, telah melebihi target hewan yang divaksin yaitu sebanyak 120 dosis vaksin.

Ditemui usai kegiatan, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng I Made Sumiarta mengaku berterimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat karena sangat antusias melakukan vaksinasi hewan peliharaannya dan bisa melebihi target.

Lebih lanjut, pihaknya menerangkan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi pecinta hewan ini mengambil tema “All for 1, One Health for all” atau “semua untuk satu one health untuk semua” yang berarti satu aksi membuat sebuah perubahan pelibatan semua menuju satu tujuan terbebas dari Rabies utamanya di Buleleng sendiri.

“Kegiatan serangkaian WRD ini diharapkan dapat menekan penularan penyakit rabies dan sebelumnya juga sudah diadakan sosialisasi ke sekolah untuk memberikan edukasi sejak dini,” jelasnya

BACA :  Dinilai Sukses Turunkan Angka Stunting, Kabupaten Dairi Studi Tiru ke Klungkung

Sumiarta menegaskan bahwa kegiatan ini juga akan dicanangkan terselenggara berkelanjutan pada akhir pekan untuk menarik publik lebih banyak lagi dilengkapi langkah Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat, disamping langkah Tim Siaga Rabies (Tisira) di masing–masing kecamatan di Buleleng yang tetap digencarkan agar dapat tercapai target Buleleng bebas rabies.

“Rencananya kita akan laksanakan berkelanjutan seperti “drive thru” vaksin mungkin nanti akan kita buka di kegiatan Car Free Day sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang mengetahui dan memvaksin hewan peliharaannya,” terangnya.

Sementara itu, Salah satu masyarakat yang mengikuti vaksinasi rabies hari ini Kadek Adi asal Banjar Jawa, mengaku sangat berterima kasih kepada Pemkab Buleleng melalui Distan Buleleng karena telah menyelenggarakan vaksinasi gratis yang notabene sangat bermanfaat bagi pecinta hewan sepertinya.

Kedepan, pihaknya berharap agar vaksinasi rabies ini dilanjutkan dan menyasar kegiatan yang mengundang khalayak ramai sehingga dapat menyelematkan kehidupan hewan peliharaan dan menyelamatkan manusia sendiri dari gigitan hewan yang terjangkit.

“Bagi seluruh masyarakat yang memiliki peliharaan anjing, kucing. Ayo, ikuti vaksinasi ini karena hewan kita bisa terlindungi dari penyakit Rabies,” pungkasnya.

BACA :  Kemenpora Siapkan Penguatan Mental dan Psikologis Atlet Jelang Olimpiade 2024

Penulis : Nyoman Darma 

Editor : Oka Suryawan 

RELATED ARTICLES

ADS

- Advertisment -

Most Popular